Dar al Ifta' Rilis Ensiklopedia Pengantar Ilmu Syari'ah Berbahasa Inggris


Sabtu, Dar al Ifta' Mesir mengeluarkan sebuah buku ensiklopedia berbahasa inggris tentang pengenalan ilmu-ilmu syari'at sesuai dengan metode modern al Azhar. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar muslim di Eropa, Amerika, dan Asia Timur," hal ini disampaikan oleh Penasihat Mufti Mesir Dr. Ibrahim Najm kemarin.

Dr. Ibrahim Najm menegaskan bahwa ensiklopedia ini disusun di bawah bimbingan langsung Prof. Dr. Ali Jum'ah. Menurutnya keilmuan Islam yang sudah turun-temurun menawarkan pembahasan yang kaya disetiap aspek layaknya pendalaman akademi. Ensiklopedia yang diberi nama "Pengantar Ilmu Syari'ah" hadir dalam bahasa inggris dengan bahasa pengantar yang mudah dan sederhana.

Ensiklopedia ini juga mencakup tiga puluh pokok pembahasan yang berbeda melalui pendekatan azhari. Mulai dari Aqidah Islam, al Qur'an dan ilmu-ilmunya, fiqh Islam dan aspek di dalamnya, Sunnah dan ilmunya, studi tasawuf, hak mengeluarkan fatwa, theologi, pendidikan Islam, perbandingan agama, etika Islam, dan segala aspek penelitian ilmu Islam lainnya. Ensiklopedia ini juga membahas sejumlah masalah terkini seperti jihad, kedudukan perempuan dalam Islam dan pembaharuan-pembaharuan dalam pemikiran Islam.

Beliau  menambahkan: "ini adalah harapan tulus Saya semoga  ini akan memberikan kontribusi pada studi  ilmu syari'ah dalam memudahkan penyampaian ilmu Islam bagi mereka  yang tidak berbahasa Arab. Semoga  ini menjadi acuan dan referensi agama di era modern dan dengan harapan agar mereka dapat terus menerima penjelasan syari'at dengan kedalaman intelektual dalam urusan dunia komtemporer secara seimbang.

Sebagaimana dijelaskan penasihat Mufti bahwa pengerjaan ensiklopedia ini berlangsung hampir dua tahun dan proyek tersebut mendapat perlindungan kehormatan dari Prof. Dr. Ali Jum'ah, yang tidak luput dalam upaya pengawasan ilmiah dari unsur keilmuan untuk ensiklopedia. Beliau juga mengungkapkan tentang  adanya kerjasama dengan universitas-universitas di Eropa dan Amerika dalam penerbitan ensiklopedia ilmiah ini. (ZS)

Sumber : http://gate.ahram.org.eg/NewsContent/25/111/309448




Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top