Mursi Diminta Turun


Selompok massa melakukan demontrasi di beberapa titik kota Kairo. Mereka mengecam berbagai kebijakan presiden baru Mesir, Dr. Muhammad Mursi.

Sementara Mursi menekankan kepada aparat keamanan untuk melindungi massa agar tidak terjadi kekacauan politik lebih lanjut. Ia juga menghimbau pendukungnya untuk tidak turun ke jalan melakukan demontrasi balasan, karena takut akan terjadi konfrontasi massa. Pihak keamanan sendiri telah bersiaga sejak semalam mengantisipasi demo ini. Sampai berita ini diturunkan, belum ada tindakan anarkis dari demonstrans ataupiun tindakan preventif yang berlebihan dari pihak keamanan.

Ala Shadiq, salah satu wartawan senior di Mesir melalui jaringan sosial twitter mengecam habis habisan demo yang dilakukan hari ini. Ia menyebut Hamid Abu Khartusyah sebagai dalang dibalik aksi massa yang meminta Mursi turun adalah upaya untuk mengelabui masyarakat atas prestasi Mursi.


 Sekelompok massa yang meminta Mursi turun 
Sementara itu, salah satu anggota MPR, Husen Sulthan menyebut aksi yang dilakukan hari ini merupakan sebuah sketsa politik untuk menjatuhkan Mursi dari tampuk kepresidenan. Di dalam akun facebooknya, Sulthan juga menganggap langkah politik yang diambil Mursi dalam menanggapi aksi ini menunjukkan nasionalisme dan keinginan pembaharuan dari sang presiden.

Sebagaimana diberitakan oleh berbagai media, Mursi menyerukan demontrasi damai dan menganggap aksi ini sebagai proses pengawalan demokrasi yang sedang berlangsung di Mesir. Mursi juga meminta agar masyarakat bersikap tenang dan tidak terpengaruh dengan upaya-upaya yang ingin membawa Mesir kembali kepada krisis berkelanjutan. Mursi juga menekankan agar pihak keamanan bersikap kooperatif dengan massa yang melakukan aksi demontrasi

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top