Mahasiswa Aceh Meraih Gelar Summa Cumlaude



Universitas Al Azhar Kairo Mesir, kembali menggelar sidang Tesis Magister, yang diadakan  pada selasa (24/6/2014) kepada salah seorang mahasiswa Indonesia asal Provinsi Aceh, Ivan Aulia Trisnadi, Lc. Dpl., untuk meraih gelar Master of Art, jurusan Balaghah. Sidang ini diadakan di Auditarium Syeikh Ibrahim Hamrusy, Fakultas Bahasa Arab, yang memakan waktu selama hampir 6 jam.

Setelah melalui sidang yang lumayan panjang ini, Tgk. Ivan, sapaan akrab kepada Ivan Aulia Trisnadi dinyatakan lulus dengan nilai Summa Cumlaude dan penghargaan serta rekomendasi agar tesisnya diterbitkan oleh perguruan tinggi di Mesir dan negara-negara Arab.

Dalam sidang tersebut, hadir empat orang guru besar Linguistik, yaitu: Pertama, Prof. Dr. Ibrahim Muhammad Abdullah Al Khuly, selaku pembimbing utama Tesis. Kedua, Prof. Dr. Fathy Abdurrahman Hijazy, Pembimbing Tesis.  Ketiga, Prof . Dr. Ahmad Gharib Abdu Rabbih, Penguji Pertama Tesis yang merupakan Dekan Fakultas Bahasa Arab, Universitas Asyut. Keempat, Prof. Dr. Muhammad Sa’dy Ahmad Hasanaini, penguji dua.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ibrahim Muhammad Abdullah Al Khuly selaku pembimbing utama penulisan tesis ini, memuji dan menyatakan bahwasanya Ivan Aulia adalah mahasiswa yang tekun dan sangat sabar dalam menyelesaikan tesisnya yang berjudul “Attasybih baina al Haqiqah wa al Majaz”. Yang diselesaikan dalam waktu 6 tahun, yang tebalnya 445 halaman, dan menjalani sidang selama hampir 6 jam ini membuahkan hasil yang sangat jarang diraih oleh mahasiswa asing, termasuk mahasiswa Mesir sendiri.

Sidang ini juga dihadiri oleh Dr. Fahmy Lukman, M. Hum., Atase Pendidikan KBRI Kairo, M. Nur Salim, Sekretaris III Pensosbud KBRI Kairo, Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., M.A., Guru Besar Linguistik FIB Universitas Gadjah Mada, para dosen Fakultas Bahasa Arab Universitas Al Azhar dan mahasiswa-mahasiswi Indonesia, Mesir dan sejumlah Mahasiswa Asing lainnya.(MZ)

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top