JAK PEUSIJUK ANEUK BARÔ


Setelah dua tahun lamanya, Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir tidak mengadakan acara “Ormaba Dan Peusijuk Aneuk Barô”. Tepat pada hari Jumat, 24 Oktober 2014, pengurus KMA kembali mengadakan acara penting ini di Meligoe Aceh tercinta.

Acara yang dimulai pukul 02:00 tepat ini dimoderatori oleh Tgk Munawir Sajali, dan dibuka dengan lantunan kalam Ilahi yang dilantunkan oleh Tgk Muhar Rafsanjani. Acara ini juga turut menghadirkan pemateri-pemateri handal KMA yang sedang menempuh studinya di Kairo, Mesir.

Pemateri pertama yaitu Tgk Luthfi Mansyurni, yang membahas tentang Ke-KMA-an. Beliau mengajak warga KMA untuk selalu menjaga nilai-nilai Islam yang telah diajarkan oleh Al-Azhar, dan juga mengingatkan tentang begitu pentingnya sebuah kekeluargaan di Mesir ini, kerena disinilah tempat berkumpul, menyelesaikan masalah dan lain sebagainya.

Materi kedua dilanjutkan oleh Tgk As’adi Muhammad ‘Ali, S. Pdi. Beliau membahas tentang materi Kemesiran. Pada kesempatan tersebut, Tgk As’adi memperkenalkan banyak hal tentang keaadaan Mesir kepada Mahasiswa baru, termasuk bagaimana cara bermuamalah dengan orang Mesir, baik di angkutan umum, pasar, perkuliahan maupun di tempat yang lain.


Setelah menunaikan shalat magrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan materi ketiga, yang diisi Tgk Suryanto, M.A., membahas tentang lingkungan seputar kampus. Beliau mengatakan bahwa Al-Azhar memiliki banyak keistimewaan, salah satunya mahasiswa-mahasiswa di sini dapat belajar langsung dari para dosen- dosen Al-Azhar yang bertitel Doktor dan Profesor. Berbeda jauh dengan apa yang terjadi di negeri kita. Di akhir pembicaraan, beliau mengingatkan kepada warga KMA agar selalu mengatur waktu sebaik-baik mungkin agar cita-cita yang ditanamkan ketika sebelum berangkat ke negeri kinanah ini tercapai.


Setelah menunaikan shalat 'isya berjamaah, lalu dilanjutkan dengan peusijuk aneuk baroe  dan foto bersama sebagai penutup acara.[RA]

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top