KMA Adakan Pelatihan Jurnalistik


Kmamesir.org 28/10/2014. Menyadari keadaan dunia yang kian dikuasai oleh media informasi, Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir kembali mengadakan pelatihan jurnalistik sebagai follow up dari serangkaian kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA), selasa (28/10). Acara yang dikhususkan untuk duta-duta baru Aceh ini terlaksana atas kerjasama kru buletin El asyi dan Pengurus KMA periode 2014-2015 serta bertempat di Meuligoe KMA.

Tepat jam 13:15 CLT Tgk. Ilham Sujefri, sang MC, membuka acara dengan lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh Tgk. Mustapa Ahmad. Acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan ketua panitia yang diwakili oleh Tgk. Fitra Ramadhani, Lc. Materi-materi yang disuguhkan pada pelatihan kali ini terdiri dari fiksi non fiksi, jurnalistik Islami dan perkenalan buletin El Asyi serta website KMA. Tak kalah pentingnya, menu kombinasi ikan mujair balado dan kuah lemak ala Tgk. Bustami dan kawan-kawan pun jadi santapan malam.

Diawali dengan perkenalan fiksi dan nonfiksi, Ust. Indra Gunawan, Lc sebagai pemateri berhasil membangkitakn gemuruh semangat menulis para mahasiswa baru (Maba). “Menulis itu tidak butuh bakat, akan tetapi yang paling dibutuhkan adalah semangat dari diri kita untuk menulis. Bakat itu tidak bisa diwariskan, sama halnya dengan ketaqwaan yang tak bisa diwariskan oleh seorang ayah kepada anaknya”, ujar penulis novel The Downfall of The Dynasty ini. Acara juga semakin semarak dengan kesimpulan-kesimpulan yang menggelitik dari moderator handal KMA, Tgk. Husni Nazir, Lc., yang juga menjabat sebagai editor El Asyi.

Setelah perkenalan tulisan fiksi dan non fiksi, acara dilanjutkan dengan materi jurnalistik islami yang dimoderatori oleh Tgk. Thayyiburrifqi bersama pemateri handal KMA sekaligus penulis yang sudah menghasilkan karya-karya terbaiknya, Tgk. Abdul Hamid Muhammad Jamil, Lc. Pemateri mengajak seluruh pendengar untuk cerdas dalam bermuamalah dengan media dan selalu berpegang pada prinsip-prinsip islami.

Semangat menulis telah berkobar, cerdas menghadapi media pun telah tertanam dalam benak peserta pelatihan, saatnya duo media KMA ambil bagian. Materi terakhir ini diisi dengan perkenalan buletin El asyi dan website KMA sebagai sarana dakwah dan penyaluran ide-ide kreatif warga KMA dalam bentuk tulisan. Materi ini disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Buletin El-Asyi periode 2014-2015, Tgk. Khalid Muddatstsir, serta Tgk. Zulfahmi Jamaluddin, Lc. selaku Pemred Website KMA Mesir periode 2012-2014.


Acara ditutup dengan penganugerahan Peserta Terbaik yang berhasil diraih oleh Tgk. Agung Yunandar dan Tgk. Mumtazatul Armi dan pembagian sertifikat kepada seluruh peserta. [WJ].

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top