Thursday, March 19, 2015

Lagi, KMA Lahirkan Seorang Master

Tgk. Suryanto Sudirman, Lc. MA. bersama pembimbing dan para penguji
Dari kiri ke kanan: Dr. Allam Muhammadin, Prof. Dr. Musthafa Said Abu Imarah, Tgk. Suryanto Sudirman, Lc. MA, Prof. Dr. Khusyu'i Khusyu'i Muhammad Khusyu'i.

kmamesir.org, 15 Maret 2015. Setelah melewati perjuangan mempertahankan tesis selama dua jam lebih (15/3), Tgk. Suryanto Sudirman, Lc. MA. berhasil meraih gelar master dalam konsentrasi hadis dan ilmu hadis. Sidang ini dipimpin langsung oleh pembimbing beliau Prof. Dr. Musthafa Said Abu Imarah. Sebagai penguji hadir Prof. Dr. Allam Muhammadin, guru besar hadis di Universitas al-Azhar cabang Manufiah dan juga turut hadir Prof. Dr. Khusyu'i Khusyu'i Muhammad Khusyu'i sebagai penguji internal.

Tesis beliau berjudul Faidh al-Qadir bi syarhi al-Jami’ al-Saghir Dirasah wa Tahqiq. Tesis fenomenal ini diselesaikan dalam kurun waktu yang cukup lama karena membutuhkan penelitian yang  panjang dan terperinci. Tidak heran, tesis beliau memiliki dua jilid dengan setiap jilid memiliki  lebih dari 700-an halaman. Salah satu putra terbaik Aceh ini lulus dengan predikat cumlaude (mumtaz).

"Tesis ini merupakan hasil kerja keras dan penelitian yang luar biasa," puji Dr. Allam Muhammadin.

Sidang munaqasyah tesis ini dilangsungkan di auditorium Syekh Abdul Halim Mahmud, fakultas Ushuluddin. Turut hadir pada sidang ini wakil ketua PPMI, Ahmad Hujaj Nurohim, para sesepuh KMA Mesir, warga KMA Mesir dan ratusan mahasiswa Indonesia di Mesir lainnya.

Setelah pengukuhan gelar master, Tgk. Suryanto atau yang lebih dikenal dengan Abu Hudzaifah tampak sumringah. “Terima kasih setinggi-tingginya atas doa dan dukungannya, terkhusus kepada orang tua kami (Ibu dan Ibu Mertua tercinta), Istri  dan putra-putri tersayang, juga kepada sanak keluarga di kampung. Sekali lagi terima kasih untuk doa dan dukungan Sahabat-sahabat semua”, kata tgk. Suryanto, MA.

Semoga ilmu beliau dapat bermanfaat bagi umat muslimin dimanapun berada terkhusus aceh tercinta. (TB)

No comments:

Item Reviewed: Lagi, KMA Lahirkan Seorang Master Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir