Presiden Jokowi: Al-Azhar Pelindung Umat



Kmamesir.org 22/2/2016 Senin tadi (22/2) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menerima kehadiran Syaikhul Azhar, Syekh Ahmad thayeb di Istana Negara. Beliau ditemani oleh beberapa petinggi Majelis Hukama al-Muslimin, Profesor Hamdi Zaqzuq, Syekh Abd ar-Rahman Sawad Zahab, Prof. Quraish Shihab, Syekh Ibrahim Shaleh al-Husaini dan anggota lainnya.

Kunjungan ini merupakan pemenuhan atas undangan presiden Jokowi untuk berdialog dengan Majelis Hukama al-Muslimin dan Majelis Ulama Indonesia demi membahas perdamaian antar umat islam yang berbeda-beda di seluruh dunia.

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan bahwa Al-Azhar memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menjaga perdamaian di dunia. Al-Azhar dan para alumninya sangat berkontribusi dalam membangun Indonesia yang merupakan negara terbanyak musliminnya. Presiden ke-7 ini menambahkan bahwa lembaga yang dipimpin oleh Grand Syekh ini menjadi pelindung umat dari segala pemahaman yang salah dan sesat dalam beragama.

Selanjutnya Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada beliau atas kunjungan bersejarahnya ke Indonesia dan semua dukungan beliau untuk para pelajar Indonesia yang besar jumlahnya di Mesir. Selanjutnya ia berjanji akan mengunjungi Mesir dalam waktu dekat untuk bersilaturahmi dengan Al-Azhar dan Presiden terpilih Mesir Abdul Fatah As-Sisi.

Syaikhul Azhar sendiri mengucapkan kebanggaannya kepada Indonesia dalam mejaga Islam dengan pemahaman yang benar. Terkhusus kepada ribuan mahasiswa Indonesia di Al-Azhar yang menjadi duta Al-Azhar dalam menyebarkan islam yang moderat. Beliau menambahkan bahwa Al-Azhar sangat mendukung studi mereka, terbukti dengan banyaknya bea siswa yang dikeluarkan untuk setiap mahasiswa.

Rencananya Grand Syekh akan menghadiri banyak kegiatan selama enam hari kunjungan beliau di Indonesia, di antaranya: Multaqa Nasional III IAAI besok Selasa (23/2), meninjau Pusat Studi Al-Quran (PSQ) dan lain sebagainya. (Sumber akun resmi Al-Azhar) [TRA]

 









Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top