BUKU; Agar Menuntut Ilmu Jadi Mudah

Agar Menuntut Ilmu Jadi Mudah merupakan sebuah buku motivasi menuntut ilmu yang ditulis oleh Abdul Hamid M. Djamil, Lc. yang juga merupakan salah seorang alumni komunitas Sekolah Menulis KMA Mesir. Penulis merupakan alumni universitas Islam tertua di dunia Al-Azhar Mesir. Buku yang berhasil dirampungkan dalam waktu empat puluh hari ini diterbitkan oleh PT. Elex Media Kompas Gramedia Jakarta tahun 2015 lalu.

Buku ini terdiri dari delapan Bab. Bab pertama menguraikan tentang definisi ilmu, hukum mencari ilmu, ilmu wajib ‘ain, wajib kifayah, sunat, dan haram. Dalam bab ini juga diceritakan tentang kelebihan orang-orang yang mencari ilmu. Pada bab kedua penulis menguraikan tentang modal penuntut ilmu seperti petuah dari Imam Syafi'I Rahimahullah. Bab ketiga tentang niat menuntut ilmu dan Bab keempat memilih tempat menuntut ilmu serta guru yang tepat.

Pada bab kelima penulis menguraikan tentang cara mengoptimalkan waktu. bab keenam tentang how to preserve  the knowladge? Tentang mendekap ilmu dan apa sajakah penyakit bagi hafalan. Sedangkan bab tujuh menerangkan tentang kriteria orang  berilmu dan bab kedelapan tentang mendakwahkan ilmu yang telah diperoleh.

Ada yang menarik dalam buku ini, Abdul Hamid mengajak penuntut ilmu agar mengamalkan petuah-petuah dari para ulama besar seperti Imam Nawawi, Al-Ghazali, Imam Syafi'i, Syekh Mutawalli Sya'rawi, dan orang-orang yang sukses lainnya. “Salah satu yang paling penting dibetulkan oleh penuntut ilmu adalah niat. Niat harus lurus karena Allah, bukan karena ingin terkenal, dianggap alim, atau ingin mendapat kerja, jangan sampai ria” (halaman: 95).


Waled Nu (Tgk. H. Nuruzzahri), ulama kharismatik Aceh dan juga pimpinan Dayah Ummul Ayman Samalanga mengomentari bahwa buku ini sarat dengan petunjuk dan hikmah. Layak dibaca dan dimiliki oleh penuntut ilmu dan pendakwah. Sementara Prof. Dr. Muslim Ibrahim, MA, mantan ketua MPU Aceh berkata; Menimba ilmu satu hal yang sangat berat, tetapi penulis dalam buku ini mampu membuka jalan baru yang sangat memudahkan pelajar. 

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top