Sinopsis Buku “Surat Untuk Para Pembawa Perubahan”


Penulis : Arief Maulana Ikhsan*

Penerbit : Elex Media komputindo.
ISBN : 9786020449302.
Jumlah Halaman : 180 Hal.

Pada era yang serba modern ini, berbagai permasalahan sering terjadi dimana-mana tanpa memandang suku ataupun bangsa, semuanya telah terjerumus kedalamnya. Terkhusus para pemuda penerus masa yang akan datang, mereka tengah berada didalam masa yang kritis. Berbagai kerusakan akhlak dan moral telah merajalela, serta rusaknya pikiran yang dikendalikan oleh budaya-budaya yang menyimpang dari islam.

Maka sudah saatnya, sebagai muslim yang sangat peduli akan masalah yang tengah terjadi pada umat saat ini, sudah seharusnya membimbing serta mengarahkan umat ini menuju arah yang benar. Di antara kiat-kiat yang dapat ditempuh seorang muslim dalam mendidik umat yaitu dengan kiat dakwah dan tarbiyah.

Dakwah merupakan perkara yang seharusnya dilakukan untuk menyebarkan setiap pesan-pesan agama dengan tujuan untuk mengarahkan manusia menuju kepada jalan yang benar. Kemudian tarbiyah yang merupakan roh dari kehidupan ini yang bertujuan untuk mengembalikan manusia kepada fitrah asalnya, yaitu untuk taat dan beriman kepada Allah Swt. 

Dalam buku ini akan dijelaskan peranan penting umat dalam mendidik serta membimbing para pemudanya. Hal ini tidak terlepas dari adanya peran dakwah dan tarbiah dalam memberika solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan umat, di antara adanya suatu umat yang saling membantu dalam hal kebaikan dan mencegah dari yang mungkar, memberikan pendidikan yang terbaik bagi para penerus umatnya, menghidupkan rasa keadilan yang tinggi dalam masyarakat, dan lain sebagainya.

Dari dua pokok tersebut yakni dakwah dan tarbiyah dapat disinergikan menjadi satu hal yang utama yaitu dengan adanya ilmu dan amal, ilmu sebagai cahaya yang dapat menerangi, sedangkan amal yang akan menjaga eksistensinya. Serta dijalankan dengan penuh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Maka dengan demikian akan menjauhkan umat dari segala bentuk kekeliruan dan keraguan.
Inilah buku “Surat untuk Para Pembawa Perubahan” yang akan membawa pembaca untuk melihat lebih luas makna tarbiah dan dakwah, serta peranannya dalam membawa umat menuju puncak kegemilangannya. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.[]

*Penulis buku adalah mahasiswa tingkat 2 Fakultas Ushuluddin Universitas Al-Azhar, asal Aceh.


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top