Di Tengah Musim Dingin, 74 Mahasiswa Baru Al-Azhar Asal Aceh Disambut Hangat

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Chalil Bisri sedang memberikan arahan. (Dok. KMA Mesir)

Kmamesir.org (26/1/2021). Di tengah musim dingin, sebanyak 74 mahasiswa baru Al-Azhar asal Aceh tiba di Mesir setelah perjalanan panjang sejak sehari sebelumnya berangkat dari Aceh melalui bandara Sultan Iskandar Muda. Rombongan mahasiswa baru dari berbagai latar belakang kabupaten tersebut disambut hangat oleh pengurus Keluarga Mahasiwa Aceh (KMA) Mesir di Meuligoe Aceh, Kairo.

Puluhan mahasiswa baru ini didampingi secara khusus oleh pengurus Ikatan Keluarga Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Fadhlurrahman Armi. Rombongan tiba di Mesir pada pukul 11.00 siang waktu Kairo.

Tiba di Meuligoe Aceh, mahasiswa baru ini langsung diberikan pengarahan awal terkait kuliah dan infomasi tentang keadaan Mesir saat ini.

“Pegarahan ini sangat penting untuk mengenalkan para mahasiswa baru ini tentang gambaran umum dan tahapan-tahapan yang perlu dijalani untuk proses pendaftaran ulang di Al-Azhar,” ujar Chalil Bisri, ketua panitia penerimaan mahasiswa baru.

KMA Mesir sendiri sudah membentuk panitia khusus sejak Oktober tahun lalu untuk mengkoordinir berbagai kebutuhan kedatangan mahasiswa baru. Chalil menyebutkan bahwa proses kedatangan mereka sempat tertunda akibat kebijakan terkait penyebaran virus Corona. Menurut Chalil, para mahasiswa baru ini seharusnya sudah tiba pada awal Desember tahun lalu.

KMA Mesir telah mempersiapkan ORMABA (Orientasi Mahasiswa Baru) yang akan menjelaskan lebih detail persoalan yang berkaitan dengan Al-Azhar, kehidupan sosial, KMA, dan segala hal yang berkaitan dengan Mesir. KMA juga mempersiapkan bimbingan belajar di setiap fakultas demi menunjang nilai akademik mahasiswa baru KMA Mesir.

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Chalil Bisri sedang memberikan arahan. (Dok. KMA Mesir)

Ketua KMA Mesir, Fikri Aslami, mengucapkan rasa terima kasih dan mengapresiasi seluruh pihak yang sudah membantu proses pemberangkatan mahasiswa baru Al-Azhar asal Aceh. Fikri Aslami mengucapkan terima kasih secara khusus kepada IKAT Aceh dan DPD-RI yang telah mengkoordinir mulai dari pembekalan bimbingan belajar sebelum keberangkatan, hingga pendampingan ke Mesir.

“Selanjutnya para mahasiswa baru ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab KMA Mesir untuk membantu mereka menyiapkan diri menjadi kader ke depan yang membumikan syariat Islam di Aceh. Insya Allah kita doakan beumeuhasee lagee ban hajat,” ungkap Fikri Aslami.

Sebelumnya, rombongan mahasiwa baru ini didampingi perwakilan sejumlah perwakilan IKAT, di antaranya ketua IKAT, Muhammad Fadhillah. Bahkan, di Jakarta para mahasiswa ini juga turut didampingi anggota DPD-RI asal Aceh, Fadhil Rahmi.[]

Novian Nuzul Faza

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top