Menjelang Ujian Termin Satu, Putroe Aceh Berhasil Khatamkan Kitab

Image: Dok. pribadi

Darb El-Ahmar, selasa (16/12) bertepatan dengan 12 Jumadil Awwal 1443H, putroe Aceh di Mesir kembali mengkhatamkan kitab Al-inba’ bi syarh al matn al bina’ bersama Maulana Syekh Ayyub Al-Azhari Al-Jazairi, alumni Azhar yang berasal dari Jazair ini telah banyak memberikan dedukasi serta sangat berperan penting bagi mahasiswa Aceh di Mesir.

Kitab Al-inba’ yang ditulis oleh Abi Ziyad Muhammad bin Sa’id Al-buhairi disusun secara ringkas dan lengkap, mencakupi berbagai contoh sehingga memudahkan untuk dipahami ketika belajar. Ilmu sharaf merupakan induk segala ilmu yang harus diketahui pertama kali oleh para pelajar agama. Kitab ini cocok digunakan untuk para pemula yang baru mengenal ilmu sharaf, manfaat dalam mempelajari ilmu sharaf untuk mengetahui bentuk dasar suatu kata dengan segala perubahannya sehingga bisa memahami dalam mengkaji makna Al-Qur’an dan Hadits.

Pengajian rutin ini dilaksanakan tiga kali pertemuan dalam sepekan selepas shalat magrib. Selama 20 pertemuan kitab ini selesai dikhatamkan tepatnya pada malam Jum’at yang mulia dan terdapat keberkahan. Ini merupakan pengajian terakhir putroe KMA yang dilaksanakan pada tahun 2021 sebelum Syekh Ayyub bertolak ke Aceh untuk mengabdi di sebuah pesantren.

Pesan yang sering kali disampaikan Syekh Ayyub kepada muridnya agar tidak pernah berhenti untuk belajar dan mengulang ilmu yang telah dipelajari. Semoga ilmu yang telah dikaji memperoleh keberkahan dan bisa bermanfaat untuk umat.

Acara khataman ini berjalan lancar, diawali dengan membaca bab terakhir kitab dan ditutup dengan pembacaan do’a oleh Syekh Ayyub sekaligus berdo’a bersama menjelang ujian termin satu. Acara ini diakhiri dengan foto dan makan bersama sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt.[]


Reporter: Salsabila Ulfah
Editor: Aja Chairul Husnah

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top