Friday, September 3, 2021

Mengakhiri Bulan Agustus, Putroe KMA Adakan Khataman Kitab

Foto Bersama setelah Khataman (Dok. Pribadi)


Kmamesir.org (4/9/2021) - Darb El Ahmar, Selasa 31 Agustus 2021 M bertepatan dengan 23 Muharram 1443 H, putroe Aceh di Mesir mengkhatamkan kitab di bawah bimbingan Syekh Ayyub Al-Jazairi yang merupakan seorang ulama, alumni Al-Azhar asal Al-Jazair yang telah banyak membimbing sekaligus menjadi Murabbi bagi mahasiswa Aceh di Mesir.

Kitab yang dikhatamkan kali ini adalah Syarh Qatrun Nada Wa Balush Shada. kitab ini karangan seorang ulama asal Mesir yang bernama al-Imam al-‘Allamah Abdullah bin Yusuf bin Abdullah bin Hisyam al-Anshari al-Mishri atau yang dikenal dengan Imam Ibnu Hisyam Rahimahullah ta’ala.

Qatrun Nada Wa Balush Shada adalah matan paling ringkas yang disusun oleh Imam Ibnu Hisyam dalam ilmu nahwu. Beliau sendiri juga yang membuat syarahan atas matan tersebut. Di Al-Azhar sendiri kitab ini adalah tingkatan ke empat dalam ilmu nahwu setelah mengkhatamkan kitab Al-Ajurumiyyah, Al-Azhariyyah, dan Mulhaqul Al-I’rab.

Syekh Ayyub mengatakan bagi yang membaca kitab Qatrun Nada sudah cukup untuk mendalami ilmu nahwu tanpa melanjutkan ke tingkatan selanjutnya. Beliau selalu mengingatkan muridnya agar senantiasa istiqamah dalam menghadiri pengajian dan mengulang kitab yang sudah dipelajari.

Seperti biasa sebelum memulai membaca kitab, Syekh selalu mengawali dengan muraja’ah terlebih dahulu dengan menanyakan satu persatu materi pengajian sebelumnya. Beliau juga menegaskan adanya ujian setelah khataman kitab ini untuk menguji pemahaman terhadap kitab agar bisa diimplementasikan dalam membaca kitab-kitab berbahasa Arab lainnya.                                                              

Pengajian kitab ini dilaksanakan rutin selama empat kali dalam sepekan setiap bakda magrib. Meskipun pengajian kitab sempat berhenti beberapa bulan karena lockdown akibat pandemi tahun lalu, disusul dengan tawaqquf ujian Al-Azhar termin satu dan dua. Akhirnya, di penghujung bulan agustus lalu, kitab ini bisa dikhatamkan. Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmush shalihat.

Acara khataman yang dimulai pukul 19.30 CLT. sampai setelah isya berjalan lancar dan khidmat. Diawali dengan membaca materi terakhir kitab hingga selesai dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Syekh Ayyub. Acara diakhiri dengan foto bersama disertai makan bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa.


Reporter : Aja Chairul Husnah

Editor     : Ali Akbar Alfata                     


Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Mengakhiri Bulan Agustus, Putroe KMA Adakan Khataman Kitab Rating: 5 Reviewed By: kmamesir