Tuesday, September 11, 2012

Kenali Asrama JS


Jam’iyah Syar’iyah atau sering di singkat dengan JS adalah asrama putri yang terletak di kawasan terminal akhir Hayyu al-Asyir, Kairo-Mesir. Asrama ini diresmikan pada tahun 2005 oleh lembaga Jam’iyyah Syar’iyyah. Bangunannya berlantai sembilan namun untuk asrama hanya diisi beberapa lantai saja. Salah satunya dijadikan ruang belajar bersama atau private hostel room.

Asrama ini dikhususkan untuk mahasiswi yang sedang melanjutkan studinya di negeri seribu menara. Baik yang sedang duduk di bangku ma’had, strata satu maupun yang sedang dalam program master. Asrama ini berada di bawah pimpinan Ustzh. Jawahir Abdul Qadir. Berdirinya asrama bertujuan untuk membantu mahasiswi yang membutuhkan tempat tinggal selama menuntut ilmu di Mesir.

Di samping itu, asrama ini sangat mengutamakan keamanan dan kebersihan. Setiap tamu yang ingin mengunjungi kawan-kawan atau yang ingin belajar kelompok tidak di bolehkan untuk masuk ke ruangan lain kecuali tempat yang dikhususkan untuk tamu.

Bagi penghuni asrama diharuskan sudah berada di asrama jam 19:00 di musim panas dan jam 17:00 di musim dingin. Penetapan jam masuk ini dikarenakan letak asrama yang jauh dari keramaian dan demi terjaganya keamanan mahasiswi.

Kebersihan juga sangat diutamakan, mulai dari dapur, kamar tidur dan lain-lain. Setiap daur (lantai) memiliki tugas piket tersendiri untuk membersihkan dapur pada jam 22:00. Paginya dapur dibersihkan oleh pekerja asrama. Setiap kamar juga memiliki tugas piket untuk kebersihan kamar mandi. Setiap hari Senin dan Selasa pekerja asrama selalu membersihkan semua kamar mulai dari lantai paling atas sampai lantai bawah. Beginilah cara asrama ini mengutamakan kebersihan.

Bagi setiap penghuni asrama wajib menyerahkan tasdik atau surat keterangan kenaikan tingkat setiap tahun setelah nilai diumumkan. Bagi mahasiswi yang kurang beruntung atau rasib (tidak naik) maka diharuskan untuk pindah dari asrama. Bagi siapa saja yang ingin ajazah atau izin tidak berada di asrama harus menyerahkan surat ajazah atau surat keterangan kepada ablah (penjaga) yang bertugas setiap malam. Bagi  yang ajazah tanpa memyerahkan surat izin maka akan diberi sanksi.

Dari segi makanan semuanya disediakan oleh asrama. Waktu makanpun ditetapakan oleh mereka. Mulai dari breakfast jam 08:30 sampai 10:00, lunch 12:00 sampai 15:00, dinner 19:00 sampai 22:00.  Beginilah peraturan-peraturan di asrama Jam’iyyah Syar’iyyah ditetapkan. Ketentuan ini dibuat agar semua penduduk asrama disiplin dan teratur. Yang pasti dan menarik asrama ini  tidak memungut biaya apapun alias free.

Bagi yang ingin menjadi penduduk asrama ini tidaklah sulit, hanya dengan foto copy passport,  satu lembar pasfoto dan thalab (permohonan) dengan izin Allah akan menjadi penghuni Asrama JS tercinta.

Oleh : Wardatul Jannah.
Mahasiswi Universitas Al-Azhar Fak. Bahasa Arab.

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Kenali Asrama JS Rating: 5 Reviewed By: kmamesir