Wednesday, September 26, 2012

Kisah Cinta Di Istana SINAI


Study Informasi Alam Islami (SINAI) adalah sebuah lembaga kajian yang di dirikan oleh sejumlah mahasiswa indonesia di Mesir sejak 10 november 1994. Kepedulian terhadap kemanusiaan yang membuat organisasi ini lahir dan merentas dunia luas. Analisa informasi, itulah misi yang merekat mereka dalam bergerak dan berdinamika. Menguak fakta sejarah yang tersembunyi, mengolah peristiwa menjadi fakta dan menganalisa data menjadi warta satu kewajiban bagi mereka. Tempat dan keberadaannya  pun sangat strategis, bisa di jangkau

oleh menyoritas masisir (mahasiswa indonesia di mesir) yang berdomisili di Hay Asyir yang merupakan daerah yang paling banyak didiami mahasiswa Indonesia di Mesir.
Sebagai sebuah generasi pasti membutuhkan kader untuk melanjutkan keorganisasiannya. Oleh karena itu

SINAI kembali membuka pendaftaran untuk merekrut kader barunya. Pendaftaran ini di buka sejak tanggal 3 s/d 11 september 2012. Dalam perekrutan ini SINAI juga mengadakan Interview bagi setiap peserta. Interview ini di adakan pada tanggal 12 s/d14 September 2012.

Pendaftaran ini di buka lebar untuk seluruh masisir. Maka tak heran, bila pendaftaran ini di ikuti oleh bayak mahasiswa Indonesia dari berbagai kekeluargaan, mulai dari KMA (Keluarga Mahasiswa Aceh), KMM (Keluarga Mahasiswa Minangkabau), KPMJB (Keluarga Persanggahan Masyarakat Jawa Barat),IKMAL (Ikatan Mahasiswa Lampung), KPJ (Kumpulan Pelajar Jakarta), dan mahasiswa dari kekeluargaan lainnya.

Dari banyak peserta yang mengikuti pendaftaran ini tidak semuanya di rekrut menjadi kader. Akan tapi SINAI mengadakan penyeleksian. Waktu seleksi ini di mulai sejak tanggal 15 s/d 17 september 2012. Dalam penyeleksian ini SINAI mengadakan berbagai macam tentatif acara. Mulai dari pengenalan SINAI sendiri kepada setiap peserta, Tazkirah, Mabit (bermalam di sekretariat SINAI) dan berbagai acara lain nya.
Oleh karen itu, panitia pun tak segan-segan menghadirkan pemateri senior untuk mengisi tentatif acara dari berbagai kekeluargaan pula. Mulai dari pemateri Manajemen Waktu  Dan Spiritual Aktivis, Wawasan Organisasi, Peran Pers Islami, Alam Islami, Kesinaian. Di mana antusias peserta pun sangat baik dan sangat kompak meskipun mereka berasal dari berbagai kekeluargaan.

Yang sangat unik dari tentatif acara yang di tentukan adalah Mabit. Dalam Mabit ini SINAI juga mengatur prosedur acara. Di antaranya diadakan shalat tahajjud bersama di sepertiga malam, disusuli witir, shalat subuh berjamaah, zikir bersama dan tadabbur terhadap ayat-ayat suci Al-Quran. Sehingga dari ini timbul rasa cinta antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya, dan berkeinginan hal seperti ini bisa mereka lakukan lagi di lain waktu.

Sesudah acara Mabit terlaksana pagi harinya panitia kembali mengajak peserta  untuk olahraga bersama guna untuk memberi hak tubuh. Karena setiap pribadi manusia itu mempunyanyi tiga unsur otak, ruh dan jasad. Ketiga-tiganya harus di sesuaikan hak-hak nya. Sesudah olahraga selesai panitia mengumpulkan semua peserta untuk di adakan penutupan acara. Dalam hal ini panitia meminta kepada seluruh peserta untuk mengungkapkan kesan dan pesan mereka selama bergabung dengan SINAI. Dari semua kesan dan pesan yang di simpulkan mereka ingin uhkwah nya terjaga dan saling menyapa saat berjumpa.
Sesudah acara penutupan selesai panitia memberi izin pulang kepada setiap peserta ke distric nya masing-masing. Semoga keakraban yang sedang kami bina ini bisa utuh selamanya. Semoga  amal  kami bisa menambah mizan kebaikan di hari akhirta kelak.

Penulis : Abdul Hamid M Jamil
Mahasiswa Al-Azhar Fak. Syariah Wal Qanun

No comments:

Item Reviewed: Kisah Cinta Di Istana SINAI Rating: 5 Reviewed By: kmamesir