Friday, September 28, 2012

Oh Mahasiswa Baru

Wawancara Reporter

Tiba Selasa, 25 September 2012. Tepat jam 14.30 Clt. Mahasiswa baru Indonesia tiba di bandara Internasional Kairo, mereka langsung dibawa ke kantor konsuler KBRI di H10, disana mereka diberi arahan dari panitia mengenai perihal awal kedatangan di Mesir.

’’Ya,, kami memberi arahan berupa suasana di Mesir Pasca turun Presiden Husni Mubarak, baik dari segi budaya, sosial, agama, keamanan, juga tentang pengurusan perkuliahan dan keadaan kehidupan para Masisir disini’’. Jawab seorang panitia ketika kami wawancarai.

‘’Sebenarnya masih ada beberapa rombongan yang akan sampai dalam 2 atau 3 hari kedepan, tetapi mereka adalah yang pertama sampai’’. Sambung seorang pegawai KBRI seraya memberi tambahan.

Mahasiswa baru Indonesia yang lulus seleksi ke Mesir tahun 2012 berjumlah 605 orang, tapi Aceh termasuk mahasiswa yang sedikit lulus untuk kuliah ke Mesir beberapa tahun belakangan ini, itu disebabkan dari berbagai macam hal, baik dari segi penyeleksian yang ketat dan juga tempat testing yang jauh dijangkau dari Aceh, jumlah semua kloter yang berangkat mencapai 5 kloter, untuk kloter pertama yang berjumlah 45 orang, tapi berasal dari Aceh hanya tiga orang. Dua laki-laki dan satu perempuan, sebagaimana data yang kami dapatkan dari Asrul Fajri sebagai ketua kloter rombongan yang berasal dari Aceh.

Ba’da Maghrib setelah selesai arahan, para mahasiswa sudah diizinkan untuk dijemput oleh kekeluargaan masing-masing, didepan halaman kantor KBRI sudah banyak orang yang  menuggu mereka.’’ Kamoe bang ka lage ureung pueblo kacang wate meupreh-preh jemputan, sebab awak laen ka na yang jemput mandum, pu lom awak jawa i pegah bahasa droe, kakeh meubangai-bangai kamoe siat,,hehehe’’, akui Fadhlur ridha dan Asrul ketika mereka kebingungan karena belum ada yang menjemput kecuali Tengku Ayyub bardan seorang.

Beberapa saat kemudian datang beberapa orang KMA yang menjemput, mereka langsung dibawa ke rumah Meuligoe Aceh, dan disambut dengan berbagai acara meriah, diawali kata sambutan dari Tgk. Muammar Zainun sebagai ketua KMA baru, perkenalan dan kesan para mahasiswa baru sampai di mesir, kemudian nasehat dan ditutup do’a dari ureung tuha KMA dan makan-minum seadanya.

Mahasiswa aceh baru yang hadir tahun ini lumayan bertambah dari tahun kemarin yang hanya 5 orang, walaupun yang datang untuk kloter pertama hanya 3 orang, dan  beberapa hari kedepan akan tiba empat atau lima orang lagi, meraka yang sudah tiba adalah Fadhlur ridha dan Asrul fajri, keduanya berasal dari kuta blang dan alumni RIAB, yang akhwat Yasmin Thahira dari Idi rayeuk dan alumni Bustanul Ulum langsa. Dua orang dari mereka yang laki-laki dibawa ke Rumah Matharea, sedangkan yang perempuan ditempatkan di bawabbah II bersama akhwat-akhwat KMA lainnya.

Reporter:  Mahfuz Annur

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Oh Mahasiswa Baru Rating: 5 Reviewed By: kmamesir