Monday, October 29, 2012

Nasyid Munawar Meriahkan Halal Bi Halal "Aneuk Nanggroe"


Reporter: Abdul Hamid
Hay 'Asyir - Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) di Kairo kembali mengadakan acara halal bi halal. Acara ini dimulai pada pukul 14:15 CLT. di Suq Sayarat (pasar mobil) di kawasan Gamik, Nasr City.

Halal bi halal yang berlangsung pada Sabtu, 27/10, merupakan rutinitas yang dilakukan aneuk nanggroe setiap lebaran.  Acara ini dihadiri oleh ratusan warga dan mahasiswa yang bernaung di bawah KMA. Mulai dari ikhwan, akhawat, dan juga turut diramaikan oleh ciep keupriep (anak-anak) generasi Aceh di Kairo.

Acara ini diadakan untuk menghidupkan adat mereka di Aceh yang selalu mengadakan Halal bi halal di setiap lebaran. Di samping itu, halal bi halal ini juga dapat mempererat ukhuwah mereka.

Halal bi halal kali ini terasa spesial dengan kehadiran  Abusyik Sufyan, orang tua dari Tgk. Hajar Safwani atau mertua Tgk. Aiyub Bardan. "Kami merasakan seolah-olah ayah kami yang duduk di barisan depan kursi tamu pada acara hari ini", kenang salah seorang mahasiswa.

Kepanitian Halal bi halal merupakan tanggung jawab Departemen Humas KMA. "Kami sudah mengatur tentatif acara yang begitu rapi. Di antaranya kami menghadirkan penceramah (tausiah), dalam hal ini disampaikan oleh Tgk H Edi Saputra MA. Kemudian disusul dengan Tim Nasyid Munawwar dan Jeumpa yang selalu setia menghibur aneuk nanggroe. Kami juga menyediakan makanan untuk para tamu undangan.Antusias Aneuk Nanggroe pun sangat baik", papar Tgk. Rahmoy, ketua panitia.

Acara ini sempat dihentikan sejenak untuk melaksanakan shalat. Sesudah shalat Ashar dilanjutkan dengan shalat ghaib kepada keluarga salah seorang anggota KMA  yang meninggal di Aceh. Lalu acara dilanjutkan dengan nasyid Munawwar, dan Jeumpa. Panitia acara yang bergabung dengann Tim Movie KMA juga meluncurkan short film karya aneuk naggroe. Pemutaran film ini untuk menyegarkan suasana yang sudah sedikit membeku. Kemudian diakhiri dengan pembacaan doa.

Saat azan maghrib tiba acara dihentikan untuk kedua kalinya. Setelah shalat dimulai acara makan-makan sambil mendengar lantunan lagu dari Tgk. Dawud diiringin oleh pemain keyboard, Tgk Surya. Mendengar suara merdu Tgk. Dawud sambil menyantap menu andalan aneuk nanggroe; sie reundang, manambah khidmat acara hari ini. Setelah makan-makan panitia meminta kesediaan tamu undangan untuk melakukan salam-salaman hari raya.

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Nasyid Munawar Meriahkan Halal Bi Halal "Aneuk Nanggroe" Rating: 5 Reviewed By: kmamesir