Wednesday, March 13, 2013

Al-Azhar Diminta Sebarkan Islam Moderat di Eropa


Syaikh Al-Azhar, Dr. Ahmad Al-Thayib, menyatakan kesediaan Al-Azhar mengirim ulama-ulama terkemuka untuk menyebarkan budaya Islam Moderat di Eropa. Pernyataan itu disampaikan di hadapan Ketua Persatuan Masyarakat Mesir Luar Negeri, Dr ‘Isham Abdus Shamad, di London, Inggris.

Sebagaimana diberitakan situ berita fj-p.com, Ahmad Al-Thayib menambahkan bahwa al-Azhar akan terus menjadi mimbar pemikiran moderat, dan akan selalu mengirim para pendakwah ke seluruh pelosok dunia.
Sementara itu, wakil dari warga Mesir di luar negeri tersebut menyatakan kebanggaannya terhadap al-Azhar dan imam-imam besar yang telah menjadi pelopor dalam mengambil langkah-langkah besar. Sehingga akhir-akhir ini al-Azhar kembali mendapat posisi, baik di tingkat lokal maupun internasional. Para syaikh tersebut juga telah memberi banyak harapan kepada warga Mesir di luar negeri.

Kunjungan Syaikh al-Azhar ke London dalam rangka memenuhi undangan dari pihak persatuan warga Mesir di sana. Pada kesempatan itu, Dr. ‘Isham, menyampaikan kondisi masyarakat Mesir di Luar negeri. Sekaligus juga meminta Al-Azhar lebih proaktif dalam pengembangan dan penyiaran Islam moderat yang sesuai dengan perkembangan zaman di pusat-pusat studi Islam di Eropa, terutama di Pusat Studi Islam di London.

Untuk diketahui bahwa Persatuan Warga Mesir di Eropa adalah sebuah yayasan swasta yang menangungi seluruh masyarakat Mesir di luar negeri. Organisasi ini sebagai wadah penyampaikan aspirasi mereka, dan sekarang telah memiliki cabang di 18 negara dengan kantor pusatnya berada di London. (MF)


No comments:

Item Reviewed: Al-Azhar Diminta Sebarkan Islam Moderat di Eropa Rating: 5 Reviewed By: kmamesir