Saturday, March 23, 2013

ISKANDAR MUDA dan SUMATERA CUP


Iskandar Muda adalah tim olahraga asal Aceh, diambil dari nama raja Aceh yang pernah berjaya pada tahun 1607 - 1636. Sultan merupakan raja kebanggaan orang Aceh, berawal dari situ mahasiswa Mesir asal Aceh menamai tim-tim olahraganya dengan nama kebanggaan raja mereka, supaya dengan mengingat namanya saja para olahragawan bisa berbangga dan layak disegani lawan.

Diantara tim-tim olahraga yang sudah terbentuk adalah bola voli, basket dan sepakbola. Sejauh ini, nama Iskandar Muda terdengar harum dikalangan olahraga masisir.

Dimulai dari cabang voli, dengan kombinasi pemain seperti Najib dan Zaki tim olahraga ini sudah 5 kali menjadi juara di Indonesian Games, dan pada turnamen terakhir kali mereka hanya mampu finish sampai babak semifinal.

Kemudian berpindah ke cabang basket, tim olahraga ini juga tampil mengesankan di kancah nasional, walaupun belum pernah sekalipun menyabet trofi kejuaraan, tim basket Iskandar Muda yang pernah dikapteni Farid dkk ini sudah langganan sampai ke babak semifinal.

Dan berlanjut ke sepakbola, tim olahraga yang satu ini selalu menjadi tim yang mengerikan bagi tim lain pada turnamen Sumatera Cup. Total sudah 4 kali menjuarai kejuaraan dari sebelum format Sumatera Cup sampai menjadi Sumatera Cup. Dicabang sepakbola ini, anak-anak Aceh seperti tidak kehabisan pemain bintangnya dari generasi ke generasi, dari masa kapten Fadhil, kapten Jamal, kapten Maimun sampai kapten Ridha 'reacher' Yandi dengan diapit pemain bintang pada masing-masing generasi. Sebut saja pada masa kapten 'reacher', tim Iskandar Muda menghasilkan 2 pemain terbaiknya di ajang Sumatera Cup, Amru (pemain terbaik 2010) dan Fahmi (pemain terbaik 2012). Dan tim sepakbola Iskandar Muda ini sudah menjuarai Sumatera Cup 2 tahun berturut-turut 2010 - 2012 (2011 tidak diperlombakan karena revolusi Mesir). Hal yang sangat turut membantu prestasi Iskandar Muda juga disertai dengan supporter setia KMA yang selalu hadir pada setiap pertandingan.

Sejauh ini, Iskandar Muda sudah tampil 2 kali pada Sumatera Cup 2013 dan mengemas 4 poin dari hasil imbang 1-1 lawan Riau dan menang 4-1 lawan Lampung, dan akan berlaga pada pertandingan selanjutnya di hari minggu melawan Palembang.

Iskandar Muda adalah tim olahraga kebanggaan Aceh.
Good luck sampai menjuarai Sumatera Cup 2013!!!

No comments:

Item Reviewed: ISKANDAR MUDA dan SUMATERA CUP Rating: 5 Reviewed By: kmamesir