Thursday, August 15, 2013

Syaikh Al-Azhar: Dialog Satu-satunya Solusi Mesir, Bukan Kekerasan


Dalam mencari jalan keluar bagi kemelut Mesir yang terjadi akhir-akhir ini Al-Azhar As-Syarif berusaha mengajak semua golongan politik untuk duduk di meja dialog. Hal ini untuk menyelesaikan konflik yang semakin meluas.

Grand Syaikh Al Azhar, Dr. Ahmad Thayyib, kembali mengingatkan akan kehormatan darah rakyat Mesir, dan sangat menyayangkan pembantaian yang terjadi tadi pagi (14/8/2013). Selanjutnya beliau juga mengingatkan semua pihak untuk menjauhi kekerasan dan pertumpahan darah, dengan menukilkan hadis Rasulullah Saw.:
لزوال الدنيا أهون عند الله من دم امرئ مسلم

"Sungguh lenyapnya dunia bagi Allah lebih ringan dari terbunuhnya seorang muslim"

Al-Azhar As-Syarif masih kokoh dalam pendiriannya, bahwa kekerasan tidak bisa menjadi pengganti untuk solusi politik, akan tetapi jalan tersebut hanya bisa dicapai dengan cara dialog. Al-Azhar juga mengajak semua pihak untuk menahan diri, mengutamakan kebijaksanaan dan akal dalam mengambil tindakan, serta menerima upaya nasional untuk dialog dan rekonsiliasi komprehensif.

Untuk mengklarifikasi fakta sebenarnya, dan tanggung jawab di hadapan Allah Swt. dan negara, Syeikh Ahmad Thayyib mengumumkan bahwasanya  Al- Azhar sama sekali tidak mengetahui tentang rencana pembubaran demonstran, dan baru mengetahuinya  melalui berita berita pagi tadi. Di samping itu Syaikhul Azhar juga berpesan supaya tidak mengait-kaitkan Al- Azhar dengan politk yang sedang berkecamuk saat ini. (HN)



No comments:

Item Reviewed: Syaikh Al-Azhar: Dialog Satu-satunya Solusi Mesir, Bukan Kekerasan Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir