Syeikh Azhar Tolak Permintaan Gugurkan Keanggotaan Dr. Qardhawi

Syeikh Ahmad Thayyib
Kairo, 6/8/2013. Grand Syeikh Azhar Syarif Dr. Ahmad Thayyib menolak tegas permintaan agar keanggotaan Fadhilah Syekh Muhammad Yusuf Al-Qardhawi sebagai anggota Haiyyiah Kibarul Ulama Azhar. Namun Grand Syeikh menolak permintaan tersebut. Sebelumnya, Dr. Qardawi telah diminta meletakkan jabatannya sebagai salah satu anggota organisasi tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan langsung oleh sebagian besar anggota senior Haiyyiah Kibarul Ulama Azhar, mereka menyerukan agar diselenggarakannya sidang darurat untuk menyelesaikan perkara ini. Mereka juga menyampaikan keberatan terhadap sikap Dr. Qardhawi terhadap posisi Syeikh Azhar dan polemik Mesir.

Berita ini juga dipublish Koran Syuruq. Website resmi Azhar Syarif juga memberitakan berita ini, namun tidak ada penjelasan lanjut mengenai penyebab dan siapa saja ulama yang mengajukan permohonan tersebut.
Haiyah Kibarul Ulama Azhar merupakan perhimpunan ulama-ulama Senior Al-Azhar Mesir, organisasi ini merupakan otoritas keagamaan tertinggi milik Al-Azhar, bertugas menyeleksi pencalonan Mufti dan memutuskan hal yang berkaitan dengan keagamaan serta memberikan pendapat kepada parlemen mengenai aturan hukum Islam. Komisi berjumlah 40 orang yang merupakan ulama Besar Al-Azhar dari empat mazhab fiqih masyhur termasuk didalamnya Dr. Qardhawi. Otoritas ini dipimpin langsung oleh Syeikh Azhar Dr. Ahmad Thayyib. (Ms)


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top