Saturday, September 7, 2013

Mengenal Madrasah Madhyafah

Madhyafah ini sangat populer dikalangan mahasiswa Azhar, terlebih bagi mereka yang haus dengan ilmu agama. Bagi pelajar asing yang menuntut ilmu disini (Mesir) khususnya dari Malaysia, Indonesia dan Thailand tentu sangat mengenal karakter madrasah yang satu ini (Mazhyafah).

Madrasah ini menerima murid dengan latar belakang apa saja, tanpa biaya dan syarat tertentu. Tidak mengutip biaya listrik, air atau biaya belajar mengajar. Dulunya hanya memiliki dua ruangan dengan kapasitas murid seratusan. Dan uniknya disini kita bisa memilih sendiri maddah (pelajaran) yang kita minati.

Mazhyafah sendiri menyusun jadwal pelajaran sesuai kebutuhan dan kesiapan pengajar. Mengingat sebagian besar pengajar madrasah ini notabenenya merupakan ulama besar atau duktur senior pengajar di Universitas Al-Azhar sendiri. Baik ulama pengajar di Mesjid Azhar maupun Duktur senior, kedua-duanya merupakan guru-guru piihan dan ahli dibidangnya.

Syeikh Ali Jum'ah (mufti Mesir 2003-2013) sendiri pernah mengajar di madrasah ini, beliau mengajar diawal-awal ketika madrasah ini baru didirikan. Ketika itu beliau mengajarkan Tafsir Surah An-Nisa. Dan sudah ma'ruf bahwa beliau merupakan salah satu Guru Besar Universitas Al-Azhar.

Disamping itu terdapat nama-nama ulama besar lainnya seperti Syeikh Thaha Rayyan yang mengajarkan Al-Mutawattha. Syeikh Fathi al-Hijazy dengan maddah Qatr an-Nada (dulu) dan al-Usymuny ‘ala Alfiyah Ibn Malik (sekarang). Syeikh Sayyid Shaltut, yang menamatkan Bidayah al-Hidayah (Ramadhan kemarin).


Profil Madrasah
Nama lengkap madrasah yaitu Madhyafah al-Syaikh Ismail Shadiq al-Adawy. Didirikan pada tahun 2000 M/1421 oleh Syaikh Yusri Muhammad Amin Jum’ah, salah satu murid Syaikh Ismail Shadiq al-Adawy. Sampai sekarang Syaikh Yusri masih menjadi pimpinan yang mengontrol langsung lembaga pendidikan ini.

Madrasah ini menggunakan sistem belajar langsung dengan Guru (syeikh). Memiliki tiga ruangan belajar mengajar. Terletak di wilayah Husein, distrik Darrasah, tepatnya persis di depan kampus al-Azhar.

- Informasi seputar madrasah Madhyafah dan jadwal pengajiannya bisa diperoleh di link ini

- Untuk video pengajian pembaca dapat meng-klik link ini

====

*dari berbagai sumber.

No comments:

Item Reviewed: Mengenal Madrasah Madhyafah Rating: 5 Reviewed By: Admin