Friday, February 1, 2013

Lagi, Wihdah PPMI adakan Leadership Training!

TAKsalah bunyi pepatah; perencanaan sebagian dari pekerjaan, pasalnya perencaan atau yang lebih dikenal dengan istilah planning menjadi tolak ukur dalam mencapai suatu tujuan. Sementara ketika sampai pada titik yang kita harapkan adakalanya kita dihadapkan dengan kegagalan. Ah, biasa itu!

Jatuh bangun itu sangatlah wajar mengingat kapasitas kita sebagai manusia. Di lain pihak, kesuksesaan terkadang menjadi malapetaka. Begitu pula sebaliknya, kausalitas kegagalan mampu melenyapkan semua kekeliruan di masa mendatang. Karenanya, jangan berhenti untuk mencoba.

Training Wihdah PPMI

Cairo, 31 januari 2013. Wihdah PPMI kembali menggelar agenda spektakuler. Kali ini A to Z leadership training. Agenda yang dimulai tepat pukul 09.00 itu menghadirkan dua pemateri hebat; Yang pertama adalah Ustadzah Hanifah Jamil, atau yang akrab disapa dengan sebutan Teh Hani. Beliau berbicara panjang lebar mengenai “Menentukan Prioritas dengan Kuadran Aktifitas”. Disini kita diajak untuk mengacak-acak skala prioritas, yakni memilih salah satu diantara banyak yang mana semuanya sama-sama penting.

Menurut Teh Hani, penentuan skala prioritas sangatlah bergantung kepada target jangka panjang dan pendek (planning), kemudian penjadwalan (organizing). Beliau menambahkan kedua hal ini hanya akan menjadi mimpi bila tidak dibarengi dengan tindakan (actually) dan yang terakhir evaluasi (controlling) sebagai cambuk pendorong di masa selanjutnya.

Sedangkan pemateri kedua bernama Neng Fitri. Simulasi awal, beliau membagikan satu kotak korek api ukuran besar dan dua kotak korek api berukuran kecil. Kemudian perintah selanjutnya adalah membuat satu karya dua dimensi dari batang korek, tak boleh ada yang tersisa dan para peserta tidak diperbolehkan berbicara. Hanya saja, para peserta dibolehkan untuk berkomunikasi lewat tulisan.
Di sini yang ingin beliau sampaikan adalah urgensi dari teamwork, bagaimana para peserta bisa bekerja dibawah bayang-bayang perintah dan aturan.

Training Leadership yang bertempat di Baruga KKS ini, dihadiri oleh setiap perwakilan kekeluargaan. Sejak Pagi acara inipun berakhir pada pukul 14.00 CLT. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara, saling men-support dan saling tukar pendapat masing-masing.(Nani)
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Lagi, Wihdah PPMI adakan Leadership Training! Rating: 5 Reviewed By: kmamesir