Monday, December 2, 2013

Fakta Sejarah Kesultanan Aceh-Turki diseminarkan di KMA


kmamesir.org - Kairo. Hubungan diplomatik antara Aceh dan turki beberapa abad silam diseminarkan di Meuligoe KMA, kemarin Senin, (2/12). Acara ini diselenggarakan atas kerjasama para pelajar Turki dan Keluarga Mahasiswa Aceh Mesir.

Hadir dalam seminar ini DR. Fahmi Lukman, M.Hum., pakar sejarah dari Indonesia yang turut didampingi oleh Teungku Ridwan Muhammad Yusuf, Lc dari Aceh. Seminar ini juga menghadirkan para penggiat budaya dan sejarah Turki Ust. Najamuddin dan Ust. Arman Islami.

Apa yang terjadi di Aceh akhir-akhir ini seperti banyaknya ditemukan bukti sejarah adanya hubungan Turki Ustmani di Aceh, menjadi salah satu penyebab besar acara ini dilaksanakan.

Seminar yang membahas tentang hubungan antara Aceh dan Turki sejak awal masuknya Islam ke Nusantara jelas sekali menggambarkan bagaimana eratnya hubungan persaudaraan ini. Khusus untuk tema ini dibahas secara lugas oleh DR. Fahmi, beliau menggambarkan dengan detail bagaimana proses masuknya Islam ke Nusantara melalui Aceh serta hubungan kesultanan Aceh dan Turki Ustmani kala itu.

“Hubungan yang pernah terjadi antara kesultanan Aceh dan Turki Ustmani bukanlah sebuah khayalan semata, ini merupakan fakta secarah yang tidak bisa diganggu gugat. Eratnya hubungan persaudaraan yang ada menjadikan mereka bagai lahir dari saru rahim dan satu bapak” ungkap DR. Fahmi.

Fakta sejarah ini dibenarkan oleh Ustad Arman, “Kesultanan Aceh dan Turki Ustmani memang mempunyai hubungan kerjasama yang kuat. Sejak Islam ada pada abad ke-7 dan penyergapan garis pelayaran Nusantara oleh Portugal dan Spanyol merupakan awal hubungan ini lahir. Surat Sultan Aceh Darussalam kepada Khalifah Turki Ustmani menjadi bukti sejarah yang masih tersimpan di Turki. Bantuan armada perang dengan persenjataan lengkap dikirimkan lansung bersama para bala bantuan tentara untuk menghadapi para Portugal dan Spanyol; merupakan bukti sejarah hubungan Aceh dan Turki silam”.   

Ust. Ginanjar yang menjadi moderator mengantarkan seminar ini secara khidmah hingga penghujung acara. (ZS)

No comments:

Item Reviewed: Fakta Sejarah Kesultanan Aceh-Turki diseminarkan di KMA Rating: 5 Reviewed By: Admin