Monday, December 2, 2013

Mahasiswa Aceh Juarai Lomba Sinematografi Pemuda 2013


Banda Aceh - RA Karamullah, yang tercatat sebagai Mahasiswa Jurusan Komunikasi di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh berhasil meraih dua penghargaan Film pada lomba Sinematografi Pemuda 2013, yang diadakan di Jakarta oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sebagaimana yang diberitakan Harian Serambi Indonesia Minggu (1/Des/2013), RA Karamullah mendaftarkan dirinya pada lomba dimaksud dalam kategori profesional. Adapun judul film yang yang telah membuatnya meraih dua juara itu adalah 'Fiksi Bulan Batu' dan 'Ironi Dibalik Gaptek'.

Film 'Fiksi Bulan Batu' ini terpilih sebagai juara harapan dua dengan hadiah 8 juta. Sedangkan film 'Ironi Dibalik Gaptek' terpilih sebagai juara harapan tiga dengan hadiah 7 juta rupiah.


RA Karamullah dalam rilis yang dikirim ke Serambi, tadi malam, mengatakan Malam Penganugrahan untuk para pemanang lomba tersebut, berlangsung di Gedung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), di Cibubur, Jawa Barat, Sabtu (29/11) malam.

Lomba Sinematografi Pemuda (LSP) 2013 ini dibagi ke beberapa kategori film diantaranya, Film Fiksi Pemula dan Profesional, film Dokumenter Pemula dan Profesional dan kategori Film Musikal. Para Juara lomba ini lebih didominasi oleh daerah asal Jakarta dan Yogyakarta.

Menurut RA, film Ironi di Balik Gaptek ini menceritakan kehidupan anak-anak di Desa Lambirah, pedalaman Kabupaten Aceh Besar, Aceh yang mulai belajar fotografi dan sinematografi, yang dibimbing komunitas film Aceh Lamp On dan Aceh Nature Community. Filmdokumenter produksi Lamp On ini telah mendapat dua kali penghargaan pada tahun 2011 di Festival Video Edukasi.

Sedangkan film Fiksi Bulan Batu menceritakan tentang seorang pemuda yang mempertahankan adat istiadat Aceh, tapi ia dikucilkan oleh teman-teman kuliahnya yang suka gaya ke-Korea-an. Pemuda ini jatuh hati pada seorang wanita teman kuliahnya. Mereka saling membalas puisi istilah Bulan dan Batu. Film fiksi produksi Glamour Digital ini dimainkan oleh para Mahasiswa FKIP Bahasa Indonesia Unsyiah awal 2013 lalu

Sumber : Serambi Indonesia 

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Mahasiswa Aceh Juarai Lomba Sinematografi Pemuda 2013 Rating: 5 Reviewed By: Admin