Saturday, January 25, 2014

Qatamea Adakan Maulid Nabi


Peringatan kelahiran Baginda Muhammad Rasulullah SAW., hal yang tidak pernah luput dari nuansa hidup masyarakat Aceh. Ada banyak hal positif yang didapat dari perayaan maulid tersebut. Kalau di tanah air, biasanya perayaan maulid dihela dengan mengundang seorang dai yang cakap memberikan ceramah sirah Nabi Muhammad SAW., hal ini tentu sangat membantu masyarakat mengenal dan menyelami lebih jauh bagaimana sosok Rasulullah SAW. dan sirah kehidupan beliau; serta mengingat kembali bagaimana perjuangan Rasulullah bersama para sahabatnya menegakkan agama yang mulia ini.

Adat kebiasaan ini tak hanya melekat bagi masyarakat Aceh yang berada di tanah Aceh. Namun mahasiswa-mahasiswa Aceh yang sedang menuntut ilmu di negeri Mesir juga memperingati kelahiran Rasulullah SAW.. Kali ini Sagoe Qatamea yang mengadakannya. 

Acara ini digelar di kediaman Tgk. Ammu Iqbal di Qatamea. Selain merupakan bentuk haflah tahunan, acara ini juga mempererat silaturrahim antara sesama mahasiswa Aceh yang tinggal berbeda-beda dalam kota Kairo, seperti Asyir, Husein, Matarea, El-Marg dan lain-lain.

Acara dibuka dengan pembacaan Yasin bersama yang dipimpin oleh Tgk. Zulkarnain, kemudian selaku tuan rumah Tgk. Ammu Iqbal memberikan beberapa kata sambutan. Turut hadir juga ketua KMA, Tgk. Mukhlis Ilyas yang juga menyampaikan beberapa kata petuah. 

Hal-hal bernuansa Aceh juga kental mengiringi acara maulid kali ini, seperti dalail khairat dan seulaweut dikee moulod dari tim yang diketuai Tgk. Furqan Ar-Rasyid, ceramah maulid dari Tgk. Akhyar, dan doa penutup yang dipimpin oleh Tgk. Tasqa.

Lalu acara diakhiri dengan hidangan mewah bu leumak kari manok yang dihidangkan tuan rumah, Sagoe Qatamea.(AV)

Ya Nabiy salaam ‘alaika


Ya Rasuul salaam ‘alaika, ya Rasulullah

No comments:

Item Reviewed: Qatamea Adakan Maulid Nabi Rating: 5 Reviewed By: Admin