Tuesday, March 4, 2014

Muslimah Itu Indah


oleh; Cut Rachmatina

Sungguh Allah Swt. menciptakan segala sesuatu dengan adil. Secara fitrah, Allah telah melebihkan kaum laki- laki diatas kaum perempuan pada beberapa keadaan seperti dalam pembagian harta warisan, menjadi saksi, kepemimpinan dan lain sebagainya. Begitu pula kaum perempuan, Allah telah melebihkan mereka diatas kaum laki-laki pada keadaan yang lebih mulia seperti melahirkan. Namun 'emansipasi' sekularisme dan feminisme berhembus dengan sangat kencang, sehingga mempengaruhi pola berpikir kaum perempuan.

Beranjak dari fenomena tersebut, keputrian KMA mengadakan Kajian Fakultatif pada hari Minggu, 24 februari 2014. Kajian yang bertema Wanita; Kemulianmu Adalah Pesona Indahmu mengajak para muslimah KMA untuk menelaah ayat- ayat yang berkenaan dengan perempuan seperti dalam surat al Ahzab ayat 32, 33 dan 34.

Kajian ini menghadirkan pakar-pakar keputrian KMA yang membahas topik sesuai keahlian masing-masing. Bahasa arab oleh Nani Hidayati, hukum syariah oleh Zakiah Zainun dan tafsir oleh Riska Handayani. Dalam kajian ini pula menegaskan kembali tentang kriteria- kriteria muslimah yang telah diamalkan oleh istri- istri Rasulullah.

Menjadi perempuan idaman syariat tentu harus sesuai dengan norma- norma syariat yang telah tersusun rapi dalam Al- quran dan Hadits. Norma- norma yang Allah Swt. atur senantiasa selalu senada dan seirama dengan hati nurani serta menghadirkan mashlahah untuk manusia sendiri. Berbeda dengan norma atau hukum yang diatur oleh manusia, adakala hukum-hukumnya bertentangan dengan hati nurani manusia. 

Kita hamba Allah sudah sepatutnya melaksanakan dan mengamalkan segala sesuatu dengan berpedoman pada Al-quran dan Hadits, itulah kebenaran yang hakiki. (QF)

No comments:

Item Reviewed: Muslimah Itu Indah Rating: 5 Reviewed By: Admin