Ratusan Tahun Vakum, Madrasah Syafi'iyah Mesjid Sultan Hasan Diaktifkan Kembali


wikipedia.org

Oleh : Khalid Muddatstsir*
Mesjid Sultan Hasan merupakan salah satu bangunan termegah di Kota Kairo, Mesir. Bangunan awet ini juga merupakan salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan-wisatawan asing. Mesjid bersejarah ini dibangun atas perintah Sultan Hasan bin Nasir Muhammad bin Qalawun, penguasa dinasti Mamluk waktu itu. Sang Sultan ingin mendirikan sebuah mesjid yang juga berfungsi sebagai madrasah agama yang ditujukan kepada pengikut Ahlussunnah wal jamaah.
Didalam mesjid ini terdapat  4 ruangan besar yang dikhususkan untuk pelajar 4 mazhab fikih yang menjadi pijakan Ahlussunnah wal jamaah; Syafiiyah, Hanafiyah, Malikiyah, dan Hanabilah. Setiap mazhab mengambil satu ruangan tersebut untuk dijadikan madrasah. Dibangun tahun 757 H/1356 M, mesjid yang mempunyai arsitektur menawan tersebut masih tampak sangat gagah dan kokoh meskipun usianya yang sudah ratusan tahun.
Diceritakan oleh guru kami, Prof. Dr. Ali Jum'ah, anggota dewan ulama senior Al Azhar yang juga mantan mufti Mesir, bahwa dulu Sultan Hasan menunjuk seorang ulama ahli qiraat untuk berdiam setiap hari didalam Madrasah Syafi'iyah. Ulama tersebut berada di sana mulai setelah subuh sampai tengah hari untuk mendengarkan bacaan atau hafalan para pelajar di sana. Sang Sultan juga memberikan 50 dirham (senilai 1000 pound Mesir sekarang) kepada setiap anak yatim yang telah menyempurnakan hafalan Al Qurannya. Jadi, tidaklah heran jika mesjid ini merupakan pusat pengajaran 4 mazhab fikih di masanya.
Kamis (20/11) pagi, ratusan pelajar Al Azhar dari berbagai belahan dunia memenuhi mesjid sepuh tersebut. Nampak pelajar dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Rusia, Afrika, Turki, semuanya berkumpul di bawah naungan ilmu. Ada semangat membara yang tampak dari wajah dan gelagat mereka. Bagaimana tidak, mereka ingin menjadi saksi sejarah pembukaan kembali  Madrasah Syafi'iyah yang sudah berabad-abad vakum dari dunia turats (kitab klasik). Cuaca musim dingin yang mulai menyapa Kairo seolah-olah hanya sarapan pagi yang semakin menambah energi mereka.
Syekh Hisyam Kamil di Pembukaan Madrasah Syafi'iyah Majid Sulthan Hasan

Syaikh Hisyam Kamil Al Azhari, sosok yang sudah sangat familiar di kalangan pelajar Al Azhar, adalah orang yang sangat ditunggu-tunggu hari itu. Ya, Beliau akan menjadi tokoh sentral dalam penghidupan kembali tradisi belajar mengajar ilmu agama di Madrasah Syafi'iyah tersebut. Beliau akan memulai pembacaan kitab Tafsir Jalalain, karya dua ulama besar, Jalaluddin Al Mahalli dan Jalaluddin Al Suyuthi.
Ketika sosok yang dinanti tersebut tiba, ratusan hadirin berdiri untuk menyambut dan menghormati kedatangan gurunya. Hal ini adalah pemandangan biasa disaksikan di kalangan Azhariyyin (pelajar Al Azhar). Karena ada slogan yang selalu dipegang oleh santri Al Azhar "Al Adabu Qabla al Ilmi", yang maksudnya lebih kurang, sebelum berilmu, beradablah terlebih dahulu.
Syaikh Hisyam Kamil memulai mukadimahnya dengan mengirimkan bacaan Al Fatihah kepada guru-guru beliau dan kepada arwah para ulama terdahulu yang pernah mengajar di Madrasah Syafiiyyah. Beliau juga mengutarakan alasan beliau memilih membaca kitab Tafsir Jalalain. "Tafsir ini sangat cocok untuk pemula. Imam Jalaluddin Al Mahalli dan Jalaluddin Al Suyuthi keduanya dulu bermukim di Kairo dan keduanya adalah ulama besar Al Azhar. Mereka berdua mengikuti mazhab Imam Syafii. Oleh karenanya dalam menghidupkan kembali madrasah ini, kita akan membaca kitab tafsir mereka". Tegas Syaikh Hisyam  hari itu.
Beliau  menceritakan biografi singkat dua ulama pengarang tafsir agung tersebut dan proses penulisannya. "Imam al Mahalli memulai tafsirnya dari surat Al Kahfi sampai surat Al Naas. Ketika beliau menafsirkan surat Al Fatihah, beliau dipanggil oleh Allah swt. Setelah beberapa tahun, masyarakat waktu itu meminta imam Al Suyuthi untuk menyempurnakan tafsir tersebut agar tidak hilang, mulailah Al Suyuthi menyempurnakan tafsir gurunya tersebut." Kisah Syaikh Hisyam.
Tafsir Jalalain walaupun dikarang oleh dua ulama beda generasi, tapi metodologi dan kualitasnya sama, seolah-olah penulisnya hanya satu. Ini merupakan keistimewaan tersendiri bagi tafsir ini.
Diceritakan juga oleh Syaikh Hisyam bahwa saudara imam Al Mahalli, Kamaluddin, suatu ketika pernah bermimpi bertemu dengan Imam Al Mahalli dan  juga Imam Al Suyuthi. Kemudian beliau bertanya kepada Al Mahalli, "Manakah yang lebih bagus dari tafsir (Jalalain) itu, yang anda mulai atau yang beliau (Al Suyuthi) sempurnakan?" Imam Al Mahalli hanya tersenyum senang. Lalu imam Al Suyuthi menjawab, "Yang saya sempurnakan lebih baik". Keesokan harinya saudara Al Mahalli segera menemui Imam Al Suyuthi dan menceritakan perihal mimpinya. Al Suyuthi menjawab dengan sangat tawaduk, "Karangan Imam Mahalli, guruku, lebih baik daripada punyaku. Aku hanya mengutip ilmu yang Al Mahalli berikan."
Sekilas tentang Syaikh Hisyam Kamil Al Azhari, beliau adalah salah seorang ulama Al Azhar yang bermazhab syafii dan berakidah Asyari. Setiap harinya beliau habiskan untuk mengajar ilmu syariah di berbagai majelis ilmu. Di usia beliau yang masih relatif muda (42 tahun), Syaikh Hisyam merupakan ulama yang produktif nan dermawan. Ditengah kesibukan beliau mengajar beliau masih sempat menulis kitab. Terhitung sampai sekarang 17 kitab dari berbagai disiplin ilmu telah beliau keluarkan, mulai dari Fikih Syafii, Aqidah Ahlussunah, Sirah Rasul, Mawaris dan sebagainya. Salah satu hal yang terbilang luar biasa dari Syaikh yang satu ini adalah beliau selalu membagikan kitab karangan beliau secara cuma-cuma. Bahkan tidak jarang terdengar beliau melarang dan memarahi mereka yang membeli buku karangan beliau. Hal yang jarang ditemukan di daerah kita.

Acara yang berlangsung tiga jam lebih tersebut ditutup dengan pembagian kitab secara cuma-cuma kepada hadirin.  Syaikh Hisyam juga menegaskan akan memberikan sanad yang bersambung kepada pengarang kitab. Mesjid yang sudah sangat sepuh inipun menjadi saksi bernafasnya kembali Madrasah Syafiiyah yang telah melewati mati suri yang sangat lama. Dengan dibuka kembalinya madrasah tersebut, semoga tradisi belajar-mengajar ilmu agama yang bersanad sampai kepada kepada Rasulullah terus tumbuh subur di negeri kinanah ini.

*Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Akidah Filsafat, Universitas Al Azhar, Mesir.

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top