Friday, February 20, 2015

Jemput Suksesmu!

Google image

Oleh: Adlina Syamsuddin
(Penulis adalah Koor. Dept. Keputrian KMA masa bakti 2014-2015)

“Jangan pernah malu untuk meminta doa dari siapa saja, karena kita tak pernah tahu dari lisan siapa doa itu diijabahkan”. Itulah sepenggal nasehat dari Dr. Nurbaiti, Lc. MA. yang lebih dikenal dengan sebutan Kak Neneng. Nasehat itu beliau sampaikan dalam acara dialog singkat yang diadakan oleh keputrian KMA, Jum’at 20 Februari 2015.

Di antara kunci sukses menjalani hidup yang disampaikan dalam dialog tersebut: 

•Perbaiki hubungan dengan Tuhan
Untuk memperbaiki hubungan dengan Tuhan yang pertama sekali harus diyakini adalah rezeki, jodoh, pertemuan dan maut sudah ditetapkan oleh Allah Ta’ala. Tugas kita adalah berusaha sebaik mungkin semampu kita.

Penting juga berhusnudzan kepada Allah. Karena Rasulullah sudah mengingatkan kita dalam hadist Qudsinya, bahwa Allah sesuai dengan sangkaan hambanya. Jika berbaik sangka, begitulah yang akan kita dapatkan. Demikian juga sebaliknya. 

•Perbaiki hubungan dengan manusia
“Jangan sombong”, ini adalah poin yang sangat ditekankan. Betapa banyak orang yang sebenarnya cerdas, namun gagal dalam hidupnya karena kesombongan. Kemudian jangan pernah meremehkan kemampuan orang lain, karena kita hanya mampu menghukum yang terlihat. Kita tidak tahu bagaimana sesungguhnya orang lain berusaha, bagaimana ia menjaga hubungan dengan Tuhannya. Intinya jangan pernah menyepelekan orang lain, siapapun ia.

Dalam menjalani hidup kita juga membutuhkan satu modal berharga, sabar. Karena tidak ada orang yang dilahirkan dalam keadaan cerdas, tahu segalanya. Tidak ada orang yang langsung sukses dalam hidupnya. Semua butuh proses, dan sabar adalah mahkotanya.

Selain bersabar, be positive. Jangan terus-menerus mengeluh. Terkadang mengeluh itu sedikit menenangkan, tapi tidak pernah menyelesaikan masalah. Dari pada mengeluh, lebih baik salurkan energi kita untuk mencari solusi. Kontrol pikiran dan hati untuk tidak terpengaruh dengan hawa negatif dari luar atau dari dalam diri kita sendiri.

•Perbaiki hubungan dengan pekerjaan
Ketika kita mengambil sebuah pilihan, just enjoy it. Nikmati apa yang telah menjadi pilihan kita, dan selesaikan. Tidak ada gunanya menjalani pilihan dengan perasaan terbeban. Itu hanya akan mempersulit, nikmati saja prosesnya.

Management waktu yang baik juga penentu kesuksesan. Baik orang yang sukses atau orang yang gagal diberikan jatah waktu yang sama oleh Allah, 24 jam sehari. Yang membedakannya, orang sukses memanfaatkan waktunya, sedangkan orang gagal terlena tanpa sadar waktu terus berlalu.

Sukses bukan ditentukan oleh orang lain, ia berawal dari diri kita sendiri. Terserah kepada kita menjemputnya atau tidak. Tulisan singkat ini semoga menginspirasi.
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Jemput Suksesmu! Rating: 5 Reviewed By: Unknown