Sunday, May 3, 2015

Kandungan Surat Al-Hujurat

Ilustrasi; Google Image
Surat Al-Hujurat yang menurut bahasa berarti kamar-kamar merupakan surat yang ke-49 secara tertib Al-Quran, berada diantara surat Al-Fath dan surat Qaf. Surat ini merupakan surat Madaniyah yang terdiri dari 18 ayat, 343 kata dan 1476 huruf.

Surat Al-Hujurat memiliki beberapa kandungan, diantaranya :

1. Surat ini dimulai dengan pembahasan adab orang beriman kepada Allah Swt. Ta’ala dan pada Rasulullah Shalla Allahu ‘alaihi wa sallam. Orang beriman tidak boleh mendahului Allah dan Rasul-Nya dalam mengambil hukum tertentu, juga tidak boleh mengusulkan kepada Allah dan Rasul-Nya untuk sesuatu yang halal dan haram. 

Allah berfirman “wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mendahului Allah dan Rasul-Nya, dan bertaqwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Mendengar Maha Mengetahui”.

2. Kemudian pada ayat selanjutnya membahas adab yang lebih khusus demi penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW., misalnya berbicara dengan nada yang rendah dan lembut kepadanya, menunjukkan sebuah penghormatan pada derajatnya seorang nabi yang berbeda dengan manusia secara umum dan menjaga panggilannya dengan panggilan yang mulia. 

Allah berfirman “wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian meninggikan suaramu melebihi suara Nabi dan janganlah kalian berkata kepadanya dengan suara yang keras sebagaimana kerasnya (suara) sebagian kau terhadap yang lainnya, nanti (pahala) segala amalmu bisa terhapus sedangkan kamu tidak menyadarinya”.

3. Selanjutnya membantu memberitahukan manhaj yang benar dalam bermasyarakat ketika mendengar suatu berita yang tersebar, apalagi jika kabar tersebut muncul dari seseorang yang fasiq keimanannya. Allah berfirman: 

“Wahai orang-orang yang beriman, jika seseorang yang fasiq datang kepada kalian membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan) yang akhirnya kamu menyesali perbuatannmu itu”. [Khadapi]

Bersambung

No comments:

Item Reviewed: Kandungan Surat Al-Hujurat Rating: 5 Reviewed By: kmamesir