As'adi Telusuri Pengaruh Sastra Arab Terhadap Karya Hamzah Fansuri

As'adi Muhammad Ali, MA
Kmamesir.org. 18/6/2015. As'adi Muhammad Ali, mahasiswa Indonesia asal Aceh berhasil telusuri pengaruh sastra arab terhadap kesusastraan melayu. Sehingga, pada Rabu (17/6) kemarin berhasil meraih gelar magister dengan predikat "Baik Sekali" di Jurusan Sastra Arab Universitas Liga Arab Cairo.

Tesisnya yang berjudul "Asarul Syi'ri Ibnu 'Arabi fi Syi'ri Hamzah Fansuri" tebilang menarik. Beliau sukses menelusuri jejak pengaruh kesusastraan arab terhadap kesusastraan melayu yang jarang diteliti. Isi tesis yang mengulas pengaruh syair Ibnu Arabi terhadap Hamzah Fansuri, seorang tokoh sufi yang pernah hidup pada masa kejayaan kerajaan Aceh Darussalam direspon sangat baik oleh pihak kampus.

Dalam menulis tesisnya tersebut mahasiswa yang pernah mengenyam pendidikan strata satu di IAIN Ar-Raniry ini berhasil mempertahankan tesisnya selama dua jam di aula utama Universitas Liga Arab Cairo.

Penulisan tesis ini dibawah bimbingan langsung Prof. Dr. Athif Jaudah Nasr. Namun, tiga minggu menjelang sidang tesis Prof. Jaudah meninggal dunia dan posisi pembimbing kemudian digantikan oleh Prof. Dr. Shalah Fadhil yang juga selaku ketua jurusan sastra di Universitas Liga Arab.

Adapun Prof. Dr. Muhammad Bariry, guru besar juga dosen Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Amerika-Kairo dan Prof. Dr Muhammad Yunus Abdul ‘Ali, guru besar sekaligus dosen Sastra Arab Fakultas Sastra Ain Syam bertindak sebagai penguji. 

Penguji sempat mengoreksi dan mengomentari beberapa kesalahan dalam penulisan. Walaupun begitu para penguji sangat mengapresiasi kegigihan dan ketekunan Tengku As'adi dalam menerjemahkan syair-syair Melayu karya Hamzah Fansuri ke dalam Bahasa Arab sehingga menambah pengetahuan baru dalam bidang kesusastraan. 

Tengku As'adi berharap tesisnya ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan baru, juga semakin mengenalkan tokoh Hamzah Fansuri dan karyanya.[FJ]

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top