Thursday, September 17, 2015

KBRI Terus Lengkapi Data Pemulangan TKI

Sumber foto Fb; Kosnuler Kbri Cairo
Kmamesir.org. 17/9/2015. KBRI Cairo melalui Fungsi Protokol dan Konsuler terus meningkatkan pendataan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) informal tidak berdokumen dan overstay sejak pertengahan Agustus hingga 10 Oktober mendatang. Beberapa usaha untuk peningkatan sosialisai terus di lakukan, seperti peningkatan kerjasama dengan pihak BMI Mesir, penyebaran selebaran serta sosialisasi langsung dengan pihak pekerja dan kekeluargaan terkait.

Rencananya pekerja akan dipulangkan dengan biaya pemerintah dan akan diberikan pelatihan keterampilan serta bantuan dana usaha nantinya ketika sudah di Indonesia. Pendaftaran dibuka setiap hari Sabtu dari pukul 10.00 hingga 16.00 waktu Kairo.

“Kami mengimbau agar seluruh WNI dapat ikut menyebarluaskan program dimaksud dan memberikan informasi selengkapnya yang dapat mengoptimalkan keberhasilan program tersebut” tulis Konsuler Kbri Cairo dalam release informasi di FB.

Gagalkan Upaya TPPO
KBRI Kairo juga berhasil menggagalkan upaya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dua hari sebelumnya, Senin (15/9) dan berhasil mengidentifikasi sekaligus menemui calon majikan kedua korban yang berkewarganegaraan Bahrain.

Korban bernama Tarmi binti Apandi Canang, Romlah binti Iron Matusi, keduanya berangkat dengan tiket palsu oleh perekrut dengan tujuan Damaskus, Suriah untuk mengelabui pihak imigrasi Mesir. Namun akhirnya ditahan oleh pihak bandara karena tidak mempunyai visa untuk masuk Mesir maupun Suriah. 

Ketika ditemui pihak calon majikan meminta maaf karena tidak mengetahui tidak adanya kerjasama TKI dan langsung memberikan biaya tiket kepulangan kepada kedua korban ke Indonesia. Disamping itu juga ditemukan satu TKI asal Bangkalan, namun kondisinya sedang tidak stabil, bahkan tidak mau berbicara dan makan. Saat ini korban sudah kembali ke Indonesia dan diserahkan kepada Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC), Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. [am/fm]

Sumber: http://www.kemlu.go.id/cairo dan Konsuler Kbri Cairo
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: KBRI Terus Lengkapi Data Pemulangan TKI Rating: 5 Reviewed By: Unknown