Sekilas Tentang Nabi Yunus As. (1)

Tabsiratul Uqola' Biqososil Albiya
Oleh; Mustafa Ahmad

1. Nama :

Nabi Yunus AS disebutkan dalam Al-qur’an pada empat tempat dengan nama dan dua kali dengan sifat.

Allah berfirman : QS: As-Saffat : 139 <<(وإن يونس لمن المرسلين )>>

Artinya : dan sungguh Yunus benar-benar termasuk salah seorang rasul.

2. Nasab :

Para sejarawan tidak menyebutkan nasab Nabi Yunus AS, akan tetapi beliau merupakan Nabi dari Bani Israil yang bersambung nasabnya dengan Benyamin bin Ya’kub AS.

3. Tempat Lahir :

Nabi Yunus AS lahir di Irak.

4. Kaum Nabi Yunus AS

Nabi Yunus AS diutus ke kaum Nainawa (نينوي)yang tinggal di Irak mereka menyembah berhala yang bernama Isytar (عشتا ر) mereka golongan kaum Asyuriyiin.

5. Dakwah Nabi Yunus AS 

Nabi Yunus AS telah berusaha menyeru umatnya agar kembali menyembah Allah SWT, akan tetapi seruan Nabi Yunus AS tidak diterima umatnya kemudian Nabi Yunus AS mengingatkan mereka azab Allah akan menimpa mereka.

Nabi yunus merasa kesal dengan umatnya semakin mengeras dan tidak mau menerima seruannya, kemudian Nabi Yunus AS pergi meninggalkan umatnya tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Allah SWT dia pergi begitu saja karna merasa kesal, bukan kesal karna Allah tetapi karna kaumnya.

Dia pergi menaiki kapal laut di pertengahan jalan terjadi badai besar menggusur kapal hampir tenggelam, maka mereka mengadakan pengundian nama siapa yang keluar dalam pengundian itu dialah akan dilempar ke laut untuk meringankan beban perahu.

Pengundian pun dilakukan keluarlah nama nabi yunus AS dalam undian itu maka dilemparlah dia ke laut, ikan paus pun menelan Nabi Yunus AS, beliau pun berdiam di perut Nabi Yunus AS selam tiga hari tiga malam, ada yang mengatakan tujuh hari, ada juga yang mengatakan empat puluh hari.

Sumber : Sumber Tabsiratul Uqola' Biqososil Albiya' Pengarang syeikh Hisyam Kamil



Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top