Tuesday, October 20, 2015

267 Lulusan Al-Azhar Ikuti Wisuda


Kmamesir.org. 21/10/2015. Tahun ajaran 2014-2015 telah berlalu, namun semangatnya masih belum sirna. Pagi tadi (20/10) semangat tersebut kembali bergejolak. Sebanyak 267 mahasiswa lulusan Universitas Al-Azhar mengikuti kegiatan sakral akhir tahun, wisuda. Sebagaimana tahun sebelumnya, acara ini kembali diadakan di ACC (Al-Azhar Conference Center).

Rangkaian kegiatan dimulai pukul 10.00 Clt dan berakhir tepat pukul 14.00 Clt. Turut serta menghadiri acara ini Syekh Muhanna, Syekh Fathi Hijazi, Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah, Syekh Ibrahim Hud Hud dan Syekh Zaki Rizki sebagai perwakilan Grand Syekh Ahmad Thayeb yang berhalangan hadir.

Tidak jauh berbeda dari perhelatan yang lalu, wisuda kali ini juga diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari luar Indonesia. Hanya saja tahun ini, jumlah mereka bertambah secara siginifikan. Menurut data yang tercatat, hampir setengah dari jumlah keseluruhan wisudawan/wati adalah orang asing. Mereka berasal dari tujuh negara yang berbeda, yaitu: Malaysia, India, Bangladesh, Thailand, Irak, Inggris dan Afghanistan.

Dalam acara ini juga diumumkan nominasi pelajar terbaik beserta kekeluargaan, afiliasi dan almameter terbaik tahun ajaran 2014-2015. HMMSU terpilih sebagai kekeluargaan terbaik dan predikat Almameter terbaik diberikan kepada Misykat. Penilaiannya berbeda dari biasanya, tidak hanya terpaku pada nilai akademik melainkan ditinjau juga dari keaktifan dalam kegiatan lainnya.

"Penilaian kali ini tidak hanya fokus pada nilai akademik, melainkan lebih luas aspeknya, melingkupi keaktifan dalam organisasi dan lainnya," begitu kira-kira ucap Abdul Ghafur, Presiden PPMI.

Sebenarnya Al-Azhar tidak mengadakan perhelatan sedemikian rupa untuk menjaga keotentikan budaya instansi tersebut. Rangkaian wisuda ini adalah inisiatif PPMI bekerja sama dengan KBRI dan Al-Azhar serta pihak terkait lainnya untuk formalitas kekulusan mahasiswa serta sebagai penghargaan kepada mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya.

Selain memompa semangat mereka yang diwisuda agar dapat melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi, acara semacam ini juga berguna untuk membangkitkan semangat mereka yang belum diwisuda agar dapat memacu diri untuk lebih gigih berjuang menyelesaikan studinya. (RA)

foto : Suasana ruang wisuda sesaat sebelum acara dimulai

Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: 267 Lulusan Al-Azhar Ikuti Wisuda Rating: 5 Reviewed By: kampoeng iqra