Resep Ikan Tiga Rasa; Bersama Keputrian KMA


 
Foto: Ikan Tiga Rasa

kmamesir.org 10/19/2015 Setelah pengajian dwi-mingguan yang membahas tentang sirah Halimatussa’diah dan mengupas sebuah hadits riwayat Muslim tentang orang yang muflis, Departemen Keputrian mengadakan demo masak pada hari Jumat (16/10).

Demo masak ini merupakan kegiatan reguler bulanan Departemen Keputrian. Kegiatan ini dilakukan agar putroe-putroe Aceh di Mesir tak hanya lihai membedah muqarrar, tapi juga lincah meracik masakan di dapur. Dalam tutorial kali ini Tgk. Husna Zikra bertindak sebagai Master Chef dengan menu yang sangat menggugah selera, yaitu Ikan Tiga Rasa. Berikut bahan-bahan dan tutorianya.

Bahan :

1. Ikan gurami atau sesuai selera.
2. 1 sendok makan kunyit bubuk
3. 1 sendok makan ketumbar
4. 1 buah jeruk nipis
5. Garam
6. Gula
7. 20 buah cabe kering atau sesuai selera.
8. 3 buah tomat yang agak besar.
9. 3 sendok makan saus tomat.
10. 2 sendok teh terasi.
11. 12 siung bawang putih
12. 3 biji asam jawa, rendam dengan air panas.
13. 1 sendok makan tepung maizena, aduk sedikit dalam air atau tambahkan lagi tepungnya jika ingin lebih kental.
14. 1 buah bawang bombai. Iris cincin, goreng sebentar.

Cara memasak :

1. Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis, garam, kunyit bubuk, dan ketumbar. Diamkan selama 15 menit, lalu goreng hingga matang.

2. Blender cabe kering, tomat, terasi, bawang putih, dan saus tomat, kemudian tumis dalam minyak panas, diamkan hingga bumbunya benar-benar matang.

3. Kemudian masukkan tepung, biarkan sampai agak mengental, tambahkan gula dan garam. Tambahkan gula lebih banyak dan air rendaman asam jawa agar terasa pedas, asam dan manisnya.

4. Matikan api. Letakkan ikan yang sudah digoreng di piring, kemudian siram ikan dengan sambal tiga rasa. Hiasi dengan bawang iris, daun ketumbar dan potongan tomat. Siap dihidangkan mumpung masih hangat.


Selamat mencoba. [NHI]


Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top