Monday, November 23, 2015

Grand Syekh Azhar: Terorisme Adalah Penyakit Intelektual dan Mental

Syekh Ahmad Thayyib


Kmamesir.org. 23/11/2015. Grand Syekh Al Azhar Dr. Ahmad Thayyib dalam sambutannya pada pertemuan Majlis Hukama’ Muslimin mengecam aksi terorisme yang baru-baru ini terjadi di Lebanon, Perancis, dan Mali.


Beliau juga mengatakan dalam pertemuan yang diadakan pada Sabtu pagi, 21 November di Masyikhah Al Azhar tersebut bahwa terorisme itu tidak semestinya kita kaitkan dengan salah satu agama samawi, karena terorisme itu adalah penyakit intelektual dan mental. Bukan bersumber dari agama dan bukan merupakan identitas agama.

Terorisme ini selalu mencari pembenaran terhadap prilakunya pada teks-teks agama. Dan faktor-faktornya bukan hanya disebabkan pada penyimpangan agama, akan tetapi kebanyakan terorisme itu lahir dari permasalahan sosial, ekonomi dan bahkan politik.

Imam Akbar juga mengecam apa yang telah dilakukan beberapa elemen di barat atas pembakaran Quran dan rumah Allah. Beliau menekankan bahwa tindakan tersebut adalah contoh lain dari terorisme dengan standar apapun, bahkan tindakan tersebut sejatinya menjadi bahan bakar bagi pemikiran terorisme. 

Beliau juga mengupayakan pencegahan berkembangnya ideologi teroris melalui sistem yang terintegrasi meliputi pendidikan, budaya, pemuda, media dan wacana keagamaan yang menggambarkan hakikat tentang Islam dan Syariah.


Di akhir pembicaraannya beliau mengumumkan bahwa akan mengirim 16 kafilah perdamaian di seluruh dunia untuk menyebarkan budaya kedamaian dan meluruskan pemahaman-pemahaman yang salah.[]

Rizki Aulia


Sumber: http://www.azhar.eg


No comments:

Item Reviewed: Grand Syekh Azhar: Terorisme Adalah Penyakit Intelektual dan Mental Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir