Saturday, August 6, 2016

Begini Nasib Temus KMA Tahun Ini!

Tgk. Irwandi Novizar, Ketua KMA Masa Bakti 2015-2016, tampak gagah dalam balutan pakaian ihram

Kmamesir.org. 6/8/2016. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya para petugas tenaga musiman (Temus) haji berangkat. Gelombang pertama telah bertolak ke Jeddah pada kamis malam (4/8) disusul oleh gelombang kedua pada malam berikutnya. Adapun gelombang selanjutnya akan segera menyusul. Sama seperti tahun sebelumnya, jumlah anggota Temus dari Mesir masih 68 orang. 

Memang keberangkatan Temus tahun ini lebih mudah. Pengurusan visa yang lebih cepat dan lancar juga mendukung hal ini. Hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang mengalami kendala dalam beberapa hal. 

Pada Temus kali ini, lima utusan aneuk nanggroe ikut serta. Ada Tgk. Muhammad Fikri dan Tgk. Muhammad Hafizh Auji yang namanya berhasil keluar dalam undian, juga Tgk. Irwandi Novizar dan Tgk. Muhibussabri Hamid selaku ketua KMA. Serta Tgk. Rahimah Muhammad Nur yang ikut melalui Wihdah. Selain itu, ada juga Tgk. Khalid Muddatstsir dan Tgk. Amaril Basyiri yang berangkat secara pribadi untuk menunaikan ibadah haji di tahun ini. 

Sebelum berangkat ke tanah suci, tengku-tengku para Temuser ini mengadakan Walimatussafar, demi melestarikan adat yang telah mendarah daging pada masyarakat Aceh. Bahwa setiap ada berita gembira akan disyiarkan kepada jiran tetangga dalam bentuk acara tasyakuran.

Acara ini juga diadakan untuk memohon doa demi kelancaran ibadah haji nantinya. Dalam pidatonya Tgk. Muhammad Fikri mengatakan, “Ini merupakan adat dari orangtua kita sejak dulu, kami yang berangkat haji meminta maaf dan memohon doa untuk kelancaran segala urusan.” 

“Kalau ada dari saudara sekalian yang ingin menitipkan doa untuk kami bacakan di sana, ahlan,” sambung Tgk. Muhibbussabri, ketua KMA periode sebelumnya yang sempat tertunda untuk berangkat temus karena satu dan lain hal.

Hajjan mabruran wa sa’yan masykuran wa dzamban maghfuran insya Allah. (SJAQ)

No comments:

Item Reviewed: Begini Nasib Temus KMA Tahun Ini! Rating: 5 Reviewed By: kampoeng iqra