Saturday, August 6, 2016

Bumikan Al-Quran, ODOJ akan Selenggara Olimpiade Pecinta Quran


Kmamesir.org 6/8/2016 Hadits Rasulullah Saw. “Bacalah Al-Qur’an karna ia akan datang pada hari kiamat kelak sebagai syafa’at bagi pembacanya,” menyadarkan kita akan pentingnya peran Al-Qur’an bagi seorang muslim. Hadits ini juga yang menjadikan komunitas ODOJ (One Day One Juz) mensyi’arkan kalimat “Membumikan Al-Qur’an melangitkan manusia” sebagai semboyan mereka. Kalimat yang sarat akan makna yang mendarah daging dalam jiwa setiap hamba yang terus berdzikir mengingat tuhannya melalui bacaan Al-Qur’an. 

Tahun ini ODOJ dengan bangga mengusung acara yang sangat spektakuler di tengah-tengah kita semua. Olimpiade Pecinta Qur’an atau disingkat dengan OPQ. OPQ merupakan event terbesar yang diselenggarakan pada tahun ini. Tak hanya anggota ODOJ, event ini juga ditujukan kepada masyarakat umum yang berada di dalam dan di luar negeri. 

Oleh karenanya, sebelum OPQ Internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia pada bulan November 2016 nanti, Dewan Pengurus Daerah akan melakukan penyisihan terlebih dahulu di daerah masing-masing. Secara umum ada tiga kategori dalam perlombaan ini, yaitu MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) untuk kategori dewasa dan anak-anak, MHQ (Musabaqah Hifzil Qur’an)untuk kategori dewasa dan anak-anak, dan Musabaqah Tafsir Qur’an bahasa arab dan Indonesia. 

Pada kesempatan ini, ODOJ Mesir dalam penyelenggaraan acara ini bekerjasama dengan beberapa lembaga Al-Qur’an di Mesir telah membuka pendaftaran sejak tanggal 31 Juli hingga 15 Agustus 2016. Acara ini terdiri dari dua babak yaitu babak penyisihan yang akan dilaksanakan pada 18 Agustus 2016 dan babak final pada 20 Agustus 2016. Dan untuk setiap pemenang juara 1 berhak untuk diberangkatkan ke Indonesia untuk mengikuti OPQ  Internasional pada November nanti. (AVK) 

No comments:

Item Reviewed: Bumikan Al-Quran, ODOJ akan Selenggara Olimpiade Pecinta Quran Rating: 5 Reviewed By: kmamesir