Tuesday, August 16, 2016

el Asyi Tidak Lagi Dicetak!



Kmamesir.org 16/9/2016. Perkembangan era teknonologi dan informasi memaksa setiap individu untuk berbenah dan berusaha untuk mengikuti zaman, jika tidak ingin terlindas olehnya. Berangkat dari hal tersebut buletin el Asyi diusianya yang telah melewati seperempat abad melakukan gebrakan baru dengan memasuki dunia digital cyber online. Buletin KMA Mesir tersebut tidak lagi dicetak.

Keputusan ini merupakan hasil rapat terakhir kru redaksi el Asyi, Kamis (11/8) lalu. Dalam rapat yang dihadiri kru lintas generasi ini, el Asyi akan diterbitkan secara digital dan disebarkan melalui media online. Sehingga buletin tersebut dapat diakses oleh siapa saja dimanapun ia berada.

Demi merealisasi niat tersebut, el Asyi telah membentuk tim lima yang bertugas untuk mencari format terbaik digitalisasi el Asyi dan penyebarannya nantinya. Tim lima ini dipimpin langsung oleh pemred yang baru, Ibnu Akhyar. 

Selain itu, el Asyi juga meninjau kembali daftar rubriknya agar sesuai dengan langkahnya untuk go international. Rubrik yang dirasa terlalu eksklusif dihapus, seperti suara pengurus dan quiz. Beberapa rubrik lainnya diganti namanya untuk memperluas konteks isi, seperti rubrik keputrian diganti dengan muslimah, haba kamoe diganti dengan editorial dan lain sebagainya.

"Kami berharap rubrik-rubrik yang baru ini dapar mengoptimalkan digitalisasi el Asyi dan langkahnya untuk go international," ujar Tgk. Muhyiddin Wincolis Natuah selaku redaktur ahli el Asyi.

Buletin el Asyi nantinya akan bekerja sama dengan redaksi website Kmamesir.org dalam menyebarkan el Asyi dalam bentuk digital. Pembaca akan diberikan dua opsi untuk mendapatkan informasi dari buletin tersebut, pertama dengan diunduh dalam bentuk .pdf atau membacanya secara online.

"Website Kmamesir.org akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyebarkan el Asyi ke seluruh penjuru dunia, agar syiar kita dibaca oleh setiap insan," jelas Tgk. Hendi Julian, Redaktur Pelaksana Kmamesir.org.

Namun demikian, el Asyi akan tetap mempertahankan identitasnya sebagai media cetak KMA Mesir. Redaksi ell Asyi akan mengusahakan untuk menerbitkannya dua kali setahun dalam bentuk cetakan off print dan selebihnya dalam bentuk digital. (IA)

No comments:

Item Reviewed: el Asyi Tidak Lagi Dicetak! Rating: 5 Reviewed By: kampoeng iqra