Thursday, August 18, 2016

KMA Tak Pernah Kosong dari Talaqqi


Foto ketika sedang pengajian
Kmamesir.org. 17/08/2016. Meligoe KMA tak pernah kosong dari talaqqi. Para senior KMA selalu berhasil menjalin kerja sama yang baik dengan para masyayikh setiap tahunnya. Tahun ini KMA kembali mengadakan pengajian fiqh Syafi’ie bersama syekh Muhammad Suhail al-Malibari di Meligoe KMA.

Pada kesempatan ini syekh yang berasal dari India tersebut men-syarah kitab Fathul Mu’in karya syekh Zainuddin bin Abdul Aziz al-Malibiri yang merupakan syarah dari kitab Qurratul ‘Ain. Pengajian ini dibuka untuk umum dan berbentuk reguler setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu pada pukul 16.00 hingga akhir November nanti. Beliau tidak membaca isi kitab secara keseluruhan, tetapi hanya men-syarah ringkasannya saja sesuai dengan yang tertera di kitab.

Ditargetkan kitab ini akan khatam sebelum penutupan kegiatan termin 1. Pada pertemuan perdana beliau memulai pengajian dengan memperkenalkan asal usul mazhab Syafi’ie dan tingkatan-tingkatan kitab fiqh Syafi’ie. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan bab shalat.

Tepat pukul 18.00 pengajian selesai. Di akhir pengajian beliau berpesan, “Yang paling penting untuk kalian ketahui sebelum membaca kitab ini adalah mengetahui istilah-istilah yang digunakan dalam kitab ini, serta mengetahui silsilah kitab-kitab dalam mazhab imam Syafi’ie.” InsyaAllah pengajian akan dilanjutkan sabtu mendatang.(NI)

No comments:

Item Reviewed: KMA Tak Pernah Kosong dari Talaqqi Rating: 5 Reviewed By: kmamesir