Thursday, August 25, 2016

Kunjungan Grand Syekh Al Azhar ke Chechnya




kmamesir.org25/8/2016 Grand Syekh Al Azhar Prof. Dr. Ahmad Thoyyib melakukan kunjungan pertama kalinya ke negara Chechnya. Dengan didampingi Dr. Syauqi Alam Mufti Agung Mesir, Dr. Ibrahim Hudhud Rektor Universitas Al Azhar dan beberapa delegasi Al Azhar tiba di Bandara Crozny pada Rabu, 24 Agustus 2016.

Kunjungan Grand Syekh beserta rombongan mendapat sambutan yang luar biasa dari pemerintah, tokoh agama dan masyarakat Chechnya. Turut hadir dalam penyambutan ini Habib Ali Al Jufri dan Mufti Chechnya, Syekh Muhammad Salih Salahuddin. Ada kejadian langka yang terjadi ketika itu, sesampainya Grand Syekh di bandara disambut langsung oleh Presiden Chechnya, dan Ia sendiri yang menyetir mobil yang ditumpangi syekh. Katanya ini adalah bentuk penghormatan terhadap ulama. Juga sambutan yang tak kalah meriah dari rakyat Chechnya yang berbaris rapi disepanjang jalan menuju istana kepresidenan dengan gemuruh takbir dan menyanyikan lagu kebangsaannya.

Dalam kunjungan ini dibahas beberapa hal terkait kerjasama antara Al Azhar dengan Republik Chechnya. Diantaranya mengenai beasiswa pelajar Chechnya di Al Azhar serta kegiatan para da’i utusan Al Azhar di Chechnya. Selain itu, Grand Syeh juga mnghadiri acara muktamar Ahlussunnah waljama’ah yang diselenggarakan oleh ulama Chehchnya dan dihadiri lebih dari dua ratus ulama dari berbagai penjuru dunia. Dalam sambutannya, Grand Syekh meneguhkan eksistensi Ahlussunnah waljamaa’ah, manhaj akidah, madzhab dan tasawuf.

Di sela-sela kunjungannya tersebut, Grand Syekh mengatakan bahwa masyarakat Chechnya merupakan bangsa yang berpegang pada islam yang benar dan menyelaraskan antara jiwa, akal dan hati. Sebagai tamu beliau benar-benar mengagumi kemajuan yang begitu pesat yang terjadi di Chechnya. Di bawah pimpinan Ramzan Kadyrov Chechnya menjadi negara yang kuat islamnya serta manhaj wasathi-nya. (MTH)








Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Kunjungan Grand Syekh Al Azhar ke Chechnya Rating: 5 Reviewed By: kmamesir