Wednesday, October 12, 2016

Hari Asyura: Al Azhar Adakan Majelis Hadis Asyura

foto ketika pengijazahan hadis musalsal
Cairo,11 oktober 2016 bertepatan dengan hari Asyura, Masjid Al-Azhar As-Syarif mengadakan majelis hadis Asyura sekaligus pengijazahan hadis musalsal hari asyura oleh para ulama besar hadis Al Alzhar kepada seluruh hadirin yang datang.

Majelis hadis Asyura ini dihadiri oleh para ulama besar hadis seperti : Al Muhaddist Dr. Ahmad Ma’bad, Dr. Muhammd Muhanna, Dr. Rabi’ Al-Ghifari, Syekh Muhammad Zaki Rizki dan sederet ulama-ulama hadis lainya dari seantero Mesir.

Perlu kita ketahui, ada banyak kejadian-kejadian penting yang tercatat dalam sejarah yang terjadi di hari asyura ( hari kesepuluh dari bulan Muharram). Pada hari Asyura nabi Musa di selamatkan dari kejaran Fir’aun, pada hari Asyura juga nabi Yunus keluar dari mulut ikan paus setelah tertelan di dalamnya selama 40 hari, dan pada hari ini juga Husein (cucu nabi Muhammad Saw) syahid.

Umat muslimin di seluruh dunia sangat disunnahkan ( sunnah muakkadah) untuk berpuasa pada hari ke-9 dan ke-10 dari bulan Muharram. Hal ini berdasarkan hadis yang terjadi pada tahun kedua hijrahnya nabi dari Mekah ke Madinah. Seorang penganut yahudi di madinah berkata: kami berpuasa di hari Asyura, kemudian Rasulullah SAW bertanya, “kenapa kalian berpuasa pada hari itu?” Yahudi menjawab: “ pada hari itu kami senang, karena hari itu adalah hari dimana Tuhan menyelamatkan Musa AS dari kejaran Fir’aun”. Kemudia Rasul SAW berkata : kami lebih senang dengan pertolongan Allah kepada kalian.” Maka mulai tahun tersebut disunnahkannya puasa pada hari Asyura. Dan Muslim berpuasa pada hari ke-9 dan ke-10 pada bulan Muharram sebagai pembeda dengan puasanya penganut Yahudi.

Majelis ini dimulai setelah shalat Ashar hingga menjelang Magrib, dihadiri oleh ribuan pelajar dari seluruh dunia yang memadati masjid Al Azhar Cairo.

No comments:

Item Reviewed: Hari Asyura: Al Azhar Adakan Majelis Hadis Asyura Rating: 5 Reviewed By: kmamesir