Tuesday, November 29, 2016

Kawakib Al-Fusha Adakan Wisuda Akhir 2016


Syekh Fathi Hijazi dalam acara wisuda Kawakib Al-Fusha




Kmamesir.org. 30/11/2016. Bahasa Arab merupakan ilmu Prioritas. Menghafalkan matan dan memahaminya adalah salah satu jalan untuk menguasai ilmu tersebut. Seperti perkataan para Ulama MutaqaddiminMan hafiza al-mutun haza al-funun”.

Kawakib Al-Fusha, lembaga pendidikan non formal yang berdiri pada tanggal 15 Oktober 2010 di bawah bimbingan Dr. Syarafuddin Al-Azhary, membuka peluang emas bagi semua Masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir) untuk mendalami ilmu prioritas ini.

Ahad (27/11), sekitar 28 wisudawan yang berhasil menyelesaikan pelatihan bersama Kawakib Fusha. Mereka terbagi kepada tiga mustawa, yaitu: 10 wisudawan dari mustawa ula, mustawa tsani 15 orang dan mustawa tsalis berjumlah 3 orang. 



Para wisudawan dan para tamu undangan terlihat antusias mengikuti acara yang dimulai sejak pukul 13.00 hingga 19.00 CLT ini. Acara ini dihadiri juga oleh Dr. Syekh Al-Fathi Al-Hijazy, guru besar Universitas Al-Azhar. Turut hadir juga Presiden PPMI Mesir, Ust. Baihaqi Maskum. 

Acara berlangsung dengan khidmat. Para Khirrijin dan khirrijat mengafalkan matan mewakili masing-masing mustawa. Matan al-Jarumiyah bagi mustawa ula, matan Qatrun Nada bagi mustawa tsani, dan matan al-Fiyah ibnu Malik bagi mustawa tsalis

Setiap khirrijin harus mempertanggungjawabkan apa yang sudah dipelajarinya di depan para tamu undangan. Dr. Syekh Al-Fathi Al-Hijazy sendiri yang menguji mereka dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan menjebak. Selain itu mereka juga menghafalkan syair-syair dari Diwan Imam Syafi’i. 

Para wisudawan sedang menghafalkan matan sebagai syarat kelulusan


Di penghujung acara, grup nasyid kawakibiyin menghibur para hadirin. Agenda wisuda ini diisi dengan presentasi singkat tentang seluk beluk Kawakib Al-Fusha oleh alumni-alumni Kawakib. (NY)
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Kawakib Al-Fusha Adakan Wisuda Akhir 2016 Rating: 5 Reviewed By: kampoeng iqra