Sunday, December 11, 2016

Bom Meledak di Gereja Koptik, Al-Azhar Batalkan Perayaan Maulid Nabi



Kmamesir.org.(12/12/2016). Senin (12/12), Universitas Al-Azhar memutuskan untuk membatalkan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw. Pembatalan perayaan akbar tahunan ini sebagai bentuk solidaritas terhadap korban peledakan bom yang terjadi di salah satu gereja Koptik Mesir dan merenggut nyawa 25 jamaah serta melukai puluhan jamaah Kristen Koptik lainnya.

Salah satu kampus tertua di dunia ini rutin mengadakan perayaan akbar memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. setiap tahunnya. Namun, insiden peledakan bom yang bertepatan dengan libur nasional perayaan Maulid Nabi Tersebut telah menodai prinsip keislaman dan hidup beragama di Mesir.

Perayaan Maulid Nabi tahun ini rencananya akan dilaksanakan di Masjid Al-Azhar tepat setelah pelaksanaan ibadah shalat Magrib. Biasanya perayaan maulid dihadiri ratusan hingga ribuan orang khususnya mahasiswa-mahasiswi Al-Azhar dan penduduk setempat.

Pembatalan peringatan Maulid Nabi dimuat akun resmi facebook Masjid Al-Azhar, Al-Jami’ Al-Azhar. 

“Sebagai bentuk solidaritas terhadap saudara-saudara kita umat Kristen yang menjadi korban menyakitkan akibat insiden teror yang terjadi pagi hari ini. Al-Azhar memutuskan untuk membatalkan perayaan Maulid Nabi dan Majlis Al-Hadisi yang nantinya akan dilaksanakan bertepatan setelah shalat Magrib di Masjid Al-Azhar dan dihadiri ribuan mahasiswa beserta masyarakat,” terang akun Facebook resmi Al-Jami’ Al-Azhar.

Hal serupa juga diungkapkan Wakil Rektor Al-Azhar Syekh Abbas Syauman, “Pembatalan perayaan Maulid merupakan bentuk solidaritas terhadap saudara-saudara kita umat Kristen Koptik setelah kejadian penyerangan teroris terhadap gereja St. Mark,” kata Syekh Abbas Syauman sepeti dikutip dari Masrawi.com.[]

Farhan Jihadi

No comments:

Item Reviewed: Bom Meledak di Gereja Koptik, Al-Azhar Batalkan Perayaan Maulid Nabi Rating: 5 Reviewed By: kampoeng iqra