Tuesday, December 13, 2016

Tutorial Singkat Mengecek Keaslian Gambar/Foto HOAX

Tulisan ini diterbitkan guna melengkapi Rubrik Serba-Serbi el Asyi edisi 127 (Edisi Pertama Digital)


Kmamesir.org. 14/12/2016. HOAX seakan tiada habisnya. Jika dulu masyarakat diresahkan dengan kabar angin yang berisi fitnah dan kebohongan belaka, maka sekarang dunia diresahkan dengan berita tidak benar namun di-framing sedemikian rupa sehingga terlihat seakan fakta.


Salah satu upaya untuk menjadikan suatu berita HOAX menjadi fakta yang dipercayai publik adalah dengan menggunakan media visual yang memperkuat tulisan tersebut. Media yang paling sering digunakan adalah gambar/foto. 

Pelaku HOAX-isme bisa dengan mudah mem-framing suatu gambar agar sesuai dengan tulisan yang ingin disebarnya, bahkan terkadang mereka tidak sungkan mengedit gambar tersebut sehingga cocok dengan ide mereka. Lebih dari itu, ada beberapa kalangan yang memuat gambar/foto yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi tulisan.

Kali ini Kmamesir.org bekerjasama dengan buletin el Asyi Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir, menyajikan tutorial singkat mengecek keaslian suatu gambar atau foto dengan menggunakan jasa pencarian gambar yang disediakan oleh Google Image.

Adapun tutorial singkatnya adalah sebagai berikut:


  • Kedua, copy-paste url gambar yang ingin kita cari atau upload gambar dari laptop/komputer kita, tentunya gambar yang ingin kita cek keasliannya. (Dalam tutorial ini, kami mengambil sampel foto uang seratus ribu rupiah baru yang 'katanya' memiliki logo palu arit, ikonnya PKI)






Ini sampel gambarnya

  • Ketiga, setelah gambar kita upload akan tertera hasil pencarian seperti di bawah ini. Dalam screenshot gambar di bawah, dapat dilihat ternyata gambar pengibaran bendera tersebut merupakan foto lama yang sumbernya berbahasa Rusia. Dan logo pada bendera tersebut sama sekali tidak sama dengan yang tertera di sampel gambar di atas. 

  • Keempat, agar hasilnya lebih memuaskan, kita bisa mengeceknya dengan meng-klik saran mesin pencari Google pada, 'Best guess for this image'



  • Kelima, setelah mengikuti saran Google, berikut akan tertera gambar-gambar yang sesuai dengan sampel foto kita.



  • Keenam, setelah mendapatkan foto aslinya, kita bisa meng-copy url-nya atau men-download-nya kemudian kita upload ulang atau paste url tadi untuk mengecek sumber asli foto tersebut.


Gambar asli dari sampel foto di atas

  • Ketujuh, akhirnya, setelah melewati beberapa langkah sederhana, kita mengetahui sumber asli sampel kita. foto tersebut ternyata merupakan hasil rekaman sejarah besar yang sangat terkenal yaitu: peperangan Stalingrad. Wallahu A'lam





Tulisan ini diterbitkan guna melengkapi Rubrik Serba-Serbi el Asyi edisi 127 (Edisi Pertama Digital). Bagi yang ingin membaca buletin el Asyi edisi 127, silahkan klik link di bawah:


No comments:

Item Reviewed: Tutorial Singkat Mengecek Keaslian Gambar/Foto HOAX Rating: 5 Reviewed By: kampoeng iqra