Friday, January 27, 2017

Partisipasi Penerbit di Festival Buku Internasional Kairo Tahun Ini Berkurang

Mahasiswa Universitas al-Azhar asal Aceh yang berbelanja buku di salah satu stand Festival Buku Internasional Kairo 2017. (Foto: KMAMesir.com) 

Kmamesir.org. 26/01/2017. Jum’at (26/1), partisipasi penerbit di Festival Buku Internasional Kairo ke-48 berkurang. Seperti diberitakan al-Ahram, tahun lalu sebanyak  850 penerbit turut andil dalam festival; 550 dari Mesir, 250 dari negara-negara Arab, dan 50 dari penerbit asing.

Tahun ini hanya 670 penerbit dari 35 negara yang berpatisipasi dalam festival buku; 451 penerbit dari Mesir, 200 dari negera-negara Arab, 6 dari negara-negara Afrika dan 13 dari penerbit asing.

Krisis ekonomi Mesir telah membuat partisipasi penerbit di festival buku tahun ini berkurang. Penurunan partisipasi secara signifikan umumnya dialami mayoritas dialami oleh penerbit buku dalam negeri Mesir. Krisis ekonomi juga berimbas kepada harga buku yang melonjak cukup tinggi, bahkan hingga dua kali lipat dari harga tahun lalu.

“Festival buku tahun ini tidak seramai tahun-tahun lalu, penerbit dan toko buku yang berpartisipasi banyak berkurang. Harga kitab juga sangat mahal, seperti harga emas.” Keluh Khalid Muddatstsir, mahasiswa al-Azhar asal Aceh.

“Maktabah Usrah, Wizaratul Auqaf dan Pusat Terjemah Nasional merupakan tempat paling rame dikunjungi. Karena bukunya berkualitas dan yang paling penting buku-buku di sini disubsidi. Kalau harga di pusat buku bekas Azbekiya tetap standar, karena tidak bergantung dengan dolar,” ujarnya lagi.


Festival Buku Internasional Kairo ke-48 yang kali ini mengangkat tema “Pemuda dan Budaya Masa Depan” menghadirkan Maroko sebagai negara tamu kehormatan. Sedangkan penyair terkenal Mesir yang hidup pada masa 1931-1981, Shalah Abdu as-Sabur menjadi tokoh yang diangkat dalam festival tahun ini. Festival buku akbar ini akan berakhir tanggal 10 Februari mendatang.(FJ)
Badan Takaful Aceh


No comments:

Item Reviewed: Partisipasi Penerbit di Festival Buku Internasional Kairo Tahun Ini Berkurang Rating: 5 Reviewed By: kmamesir