Saturday, April 1, 2017

KMA Tv: Islam Memuliakan Wanita Dalam Rumah Tangga


Gambar: KMA Tv

Kita pasti mendambakan kehidupan yang harmonis dalam menjalani bahtera rumah tangga. Terciptanya kehidupan harmonis dalam rumah tangga pastilah hal yang sangat diimpikan oleh setiap pasangan suami istri. 



Suami dan istri memiliki porsi yang sama dalam menciptakan keharmonisan keluarga. Dalam tradisi kita, istri dituntut untuk selalu patuh kepada suami, namun banyak suami yang tidak sadar bahwa suami juga memiliki peran dan kewajiban yang sama dalam menjaga keharmonisan keluarga.


Suami sebagai kepala keluarga tentu memimiliki peran paling besar dalam menjaga keharmonisan keluarga. Suami tidak harus menjadi raja yang harus dilayani dua puluh empat jam oleh istri. Suami juga mempunyai kewajiwan untuk memenuhi hak-hak istri. 

Seorang suami haruslah berkata baik, berakhlak baik, tidak menyakiti dan memenuhi hak-hak istri dengan cara yang ma’ruf, cara yang baik. Sebagaimana Allah berfirman: “Dan bergaullah dengan mereka (istri-istrimu) dengan cara yang baik.” (QS. An-Nisa’).

Rasullullah Saw. sebagai suami selalu membantu istrinya, bahkan Rasul melakukan sendiri pekerjaan rumah tangga yang biasanya hanya dilakukan oleh perempuan, seperti menjahit baju dan menambal sandal. Rasulullah tak pernah menyuruh istri-istrinya untuk melakukan hal itu, beliau melakukannya sendiri.

Aisyah pernah ditanya oleh Al-Aswad bin Yazid tentang apa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah di dalam rumah. Aisyah menjawab “Rasulullah selalu membantu pekerjaan istri-istrinya, ketika tiba waktu shalat baru beliau keluar untuk mengerjakan shalat.”

Mari kita simak sedikit pesan Tgk. Amri Fatmi tentang bagaimana cara Islam memuliakan istri dan berlaku ma’ruf terhadap istri.(FJ)

No comments:

Item Reviewed: KMA Tv: Islam Memuliakan Wanita Dalam Rumah Tangga Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir