Tuesday, October 17, 2017

KMA Mesir Adakan Orientasi Mahasiswa Baru

Tgk. Hendri Julian Ibrahim saat memaparkan tentang KMA.Tv


Kmamesir.org. 17/10/2017.
Dalam rangka menyambut Mahasiswa yang baru saja menginjakkan kaki di bumi Kinanah ini, Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir kembali mengadakan acara Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA). Acara ini merupakan agenda tahunan di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan dan Publikasi. Masih seperti tahun sebelumnya, acara ORMABA ini berlangsung selama dua hari. ORMABA kali ini mengangkat pembahasan mengenai jurnalistik yang kemudian disusul dengan acara inti yaitu penyampaian materi seputar kemesiran, keazharan, keacehan, serta ke-KMA-an.

Acara pertama berlangsung pada hari Jumat (13/10) tepatnya usai shalat ashar di Meligoe KMA yang dibawakan oleh Tgk. Lauhin Mahfudz sebagai MC. Agenda dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Tgk. Zubirani Suryani yang kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan oleh Tgk. Khalid Mudatstsir, Lc. selaku ketua KMA dan Tgk. Muhammad Najid Akhtiar sebagai ketua panitia.

Dalam sambutannya Tgk. Khalid menyampaikan bahwa Orientasi Mahasiswa Baru sangat penting karena dengan adanya ORMABA, mahasiswa baru tidak mengalami misorientation dalam menyelami samudra ilmu di bumi Kinanah ini selama beberapa tahun yang akan datang.

Adapun pelatihan jurnalistik ini mengupas tentang jurnalistik islami yang disampaikan oleh Tgk. Farhan Jiihadi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan media KMA. Dalam hal ini langsung dijelaskan oleh Tgk. Muhmmad Syukran selaku pimpinan redaksi website kmamesir.org, Tgk. Muhmmad Najid Akhtiar sebagai pimpinan redaksi buletin El-Asyi, Tgk. Fikri Aslami, Lc yang menjabat sebagai kepala Sekolah Menulis, dan Tgk. Hendri Julian, Spd.I.Dipl selaku pimpinan umum KMA.Tv.

Hari berikutnya kembali dilanjutkan dengan acara inti yang dimoderatori oleh Tgk. Muhammad Aditya Wirawan. Pada hari kedua, pembahasan yang dikupas adalah seputar keazharan yang dijelaskan oleh Tgk. Husni Nazir ,Lc. Dpl. Kemesiran oleh Tgk. Samsul Bahri, Lc. MA, ke-KMA-an yang dipaparkan oleh Tgk. Khalid Mudatssir, Lc. dan keacehan oleh Tgk. Mukhlis Ilyas,Lc.
ORMABA ini bertujuan  memberi pondasi yang kokoh bagi para mahasiswa baru agar mereka benar-benar memahami esensi manhaj Al-Azhar, mengamalkannya, dengan harapan bisa menyebarkan Islam yang moderat rahmatan lil ‘alamin. Di samping itu juga bertujuan untuk mengajarkan kepada mahasiswa baru bagaimana etika bergaul dengan orang Mesir, serta menanamkan rasa ke-Acehan dalam hati mereka.[]

Maulidia Az-Zukhraifa

No comments:

Item Reviewed: KMA Mesir Adakan Orientasi Mahasiswa Baru Rating: 5 Reviewed By: KMA Mesir