Thursday, March 1, 2018

Upacara Pembukaan Sumatera Cup 2018 Berbeda dari Biasanya


Pembukaan Sumatera Cup 2018. Dari kiri ke kanan: Ardy Manda (Sekjen PPMI Mesir), Amru Anwar (Ketua FSSM), Khalid Muddatstsir (Ketua KMA Mesir), Mukhlis Ilyas (Koordinator Majelis Syura KMA Mesir), Mo Hakiki (Kapten Iskandar Muda FC), Rif'at Zaki (Sesepuh Masisir).
Kmamesir.org 28/02/2018. Minggu (25/02) Upacara Pembukaan Sumatera Cup 2018 kali ini berbeda dari biasanya. Banyak hal menarik di perhelatan tahun ini. Tak mau kalah dengan Jawa Cup yang sangat semarak, Sumatera Cup juga memperlihatkan betapa utuhnya persatuan dan kekompakkan daerah Sumatera yang antusias menyambut even tahunan tersebut.

Upacara pembukaan diadakan hari minggu (25/2) kemarin, Thaiburrifqi Ananda selaku katua panitia mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Sumatera Cup 2018 ini. 

“Kami berdoa semoga tiap usaha yang antum semua berikan Allah ganti dengan pahala, kemudian kami memohon ribuan maaf jika sekiranya terdapat kesalahan dan kesilapan ketika acara ini berjalan. Pintu saran dan masukan terbuka lebar agar acara kita lancar sampai akhir nanti,” ucapnya.

Ketua Forum Studi Sumatera Mesir (FSSM) Amru Anwar ikut menyampaikan sambutan, “Kami dari Forum mengucapkan terima kasih banyak kepada KMA Mesir yang telah sukses pada hari pertama mengadakan pembukaan Sumatera Cup 2018. Sumatera Cup ini kita adakan tiap tahun, ini adat kita orang Sumatera orang Melayu dan juga nanti kita tekankan di lapangan jangan ada yang mengejek nama binatang atau kotorlah, kalau memang frustasi cukuplah dengan teriak. Kita ini orang Sumatera, kita keras tapi kita juga lembut. Kita tahu di mana menempatkan kekerasan dan di mana kelembutan. Terakhir marilah sama-sama kita bantu panitia dan kita doakan panitia dapat konsisten sampai Final 22 Maret nanti, semoga semuanya berjalan lancar seperti hari pertama.”


Turut hadir Sekretaris Jenderal PPMI Mesir, Ardy Manda Putra menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau mengajak seluruh mahasiswa Sumatera agar lebih menjaga persatuan menjaga nama baik Sumatera. Kepedulian sosial sangat perlu ditingkatkan kembali, semoga dengan turnamen kali ini mahasiswa Sumatera bisa menjaga silaturahmi antar sesama. Ardi Mandra Putra sempat membacakan 4 bait pantun sebelum balon akan dilepas tanda Sumatera Cup resmi dibuka. 

Di awal banyak yang meragukan akankah Sumatera Cup tahun ini lebih baik atau sebaliknya. Tapi dengan persiapan matang panitia yang berjumlah lebih 100 orang, terlihat saling bahu-membahu mempersiapkan acara besar ini. Sangat disayangkan jika Sumatera Cup jika dilalui begitu saja tanpa adanya partisipasi dari banyak pihak. Karena even ini tak bertujuan untuk menaikkan nilai kapabelitas sebuah kekeluargaan di mata masisir. Namun nilai persatuan di dalamnya lebih berharga dari yang lain.


Banyak even seperti Sumatera Cup yang diadakan oleh PPMI atau selainnya, tapi akan beda respon yang diberikan saat even itu terlihat lebih elegan seperti Jawa Cup dan Sumatera Cup yang merupakan perlombaan sepak bola antar daerah di kedua pulau besar Indonesia tersebut. Mendongkrak sportivitas yang kerap kali hilang ditelan kerasnya pengaruh mager di kalangan masisir.


Di akhir pembukaan Tari Saman muncul sebagai penyemarak, penonton sangat bersemangat hingga memberikan tepuk tangan meriah. Para penari itu dilatih langsung oleh pelatih profesional, Nurhasan. 

Dua bulan penuh Nurhasan dan penari mempersiapkan tarian yang sudah lama hilang dari peredaran masisir. Penampilan menawan yang disuguhkan memaksa penonton untuk tak berkedip sekalipun. Tujuannya tak lain memperkenalkan kekayaan yang dimiliki daerah Aceh sendiri; selain beragamnya hasil bumi Aceh juga kaya akan seni budaya.[]

Allif Kusnadi



No comments:

Item Reviewed: Upacara Pembukaan Sumatera Cup 2018 Berbeda dari Biasanya Rating: 5 Reviewed By: kmamesir