Sunday, April 22, 2018

Mahasiswa Aceh Khataman Kitab Waraqat Bersama Syekh Ayyub Al-Azhari

Syekh Ayyub bersama putroe-putroe KMA Mesir. (Foto: Dok. KMA Mesir)
Kmamesir.org. (22/04/2018). Sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa, KMA (Keluarga Mahasiswa Aceh) Mesir mengadakan haflah khataman di Meuligoe Aceh pada Kamis (20/4). Mahasiswa Aceh yang tergabung di bawah bimbingan talaqqi Syekh Ayyub Al-Azhari Al-Jazairi berhasil menamatkan kitab Qurratul ‘Ain Syarh Waraqat karangan Imam Haramain Al-Juwaini. Pengajian ini rutin diselenggarakan tiga hari dalam seminggu yang dimulai setelah shalat Ashar. 

Pengajian ini lebih diutamakan untuk putroe-putroe KMA yang hendak belajar ushul fiqh lebih dalam. Selain mengajar di KMA, Syekh Ayyub juga pengajar tetap di Sahah Aceh yang terletak di distrik Darrasah, Husein. Kegiatan tersebut sudah menjadi aktivitas beliau sehari-hari. Hal ini terlihat banyaknya jadwal pengajian Sahah Aceh setiap harinya yang beliau isi.


“Semoga ilmu yang kalian peroleh selama belajar Waraqat bisa bermanfaat. Lalu setelah ini kita mau belajar apa lagi?” tanya Syekh Ayyub dengan berapi-api pada jamaah di akhir pertemuan. Insya Allah dalam waktu dekat beliau akan mulai mengajar kitab Sullam Al Munawraq karya Syekh Hasan bin Darwisy al-Quwaisini di Meuligoe Aceh.

Meuligoe Aceh adalah wadah berkumpulnya mahasiswa Aceh di Mesir. Selain tempat bersilaturrahmi, Meuligoe Aceh juga rutin mengadakan kegiatan pendidikan seperti kajian ilmiah, pengajian kitab, Sekolah Menulis dan kegiatan positif lainnya.[]

Muhammad Syukran

No comments:

Item Reviewed: Mahasiswa Aceh Khataman Kitab Waraqat Bersama Syekh Ayyub Al-Azhari Rating: 5 Reviewed By: kmamesir