Sahah Aceh Mesir Adakan Khataman Kitab Alfiyah Li Ibn Malik

Ahbab Syekh Ayyub dan Murid Sahah Aceh berfoto bersama usai khataman. (Foto: Dok. Sahah Aceh)
Kmamesir.org. (29/4/2018). Kamis (26/4), Sahah Aceh yang bernaung di bawah Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir melakukan khataman kitab Alfiyah Lil Ibn Malik di Husein, Darrasah. Sahah Aceh yang bernaung di bawah Departemen Pendidikan Keluarga Mahasiwa Aceh (KMA) Mesir mengadakan khataman kitab Alfiyyah li Ibn Malik Syarah ibnu Aqil yang diampu oleh Syekh Ayyub al-Jazairy, kitab ini merupakan salah satu mahakarya terbesar di bidang Nahwu. 

Ilmu Nahwu merupakan kunci pembuka ilmu-ilmu syar'i lainnya, menguasai ilmu Nahwu merupakan sebuah keharusan bagi setiap penuntut ilmu sebelum terjun menyelami lautan ilmu keislaman. 

Pengajian kitab ini sudah berlangsung selama 6 bulan lamanya dan merupakan kali ke dua murid Sahah Aceh menamatkannya. Dalam penjelasannya, Syekh Ayyub mengisahkan bahwasanya Imam Abu Hayyan al-Andalusy pernah memuji Ibnu Malik selaku pengarang maha karya ini.

“Engkau telah mengarang bait-bait nazam yang agung wahai Ibnu Malik, dengannya kamu akan tetap hidup meski kuburan memeluk jasadmu.” 

Serangkaian acara khataman berlangsung dengan khidmat dan dihadiri oleh seluruh murid Syekh Ayyub yang berasal dari sejumlah negara dan daerah yang berbeda, di antaranya Aceh, Sulawesi, Jawa, Bali, Thailand dan Sudan. 


Acara ditutup dengan makan-makan bersama, sebagai bentuk rasa syukur setelah setengah tahun bertalaqqi bersama. Selain itu, acara khataman ini juga merupakan kegiatan terakhir Sahah Aceh sebelum menyambut ujian term 2. Kegiatan talaqqi akan dilanjutkan kembali setelah Idul Fitri.[]

Muhammad Shidqi

Posting Komentar

Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir
To Top